Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Mahasiswa UMN Lolos Program IISMA 2022

Kompas.com - 24/05/2022, 10:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Delapan belas mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dari berbagai jurusan dinyatakan lolos seleksi program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA).

Sebagai informasi, IISMA adalah program beasiswa pemerintah di bawah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Mahasiswa terpilih dapat menghabiskan satu semester di luar negeri di universitas mitra untuk belajar, merasakan budaya negara, dan meningkatkan keterampilan.

“UMN secara aktif berpartisipasi dalam program IISMA sejak tahun lalu. Adanya peningkatan jumlah mahasiswa UMN yang diterima dalam IISMA dari 2 menjadi 18 sangat membesarkan hati, karena menjadi bukti adanya peningkatan kompetensi mahasiswa,” ungkap Rektor UMN Ninok Leksono bangga.

Ketua IISMA Rahmat Sriwijaya turut memberikan apresiasi atas raihan ini. “Universitas Multimedia luar biasa. Kerja keras seluruh tim mempersiapkan program IISMA yang didukung oleh sivitas akademika dan staf UMN membuahkan prestasi yang membanggakan,” ujar Rahmat.

Pada tahun 2022, ada total 7501 pendaftar dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Menurut situs IISMA, ada 2.572 pelamar dengan 955 penerima beasiswa pada tahun 2021.

UMN tidak lupa untuk memberikan apresiasi kepada dua mahasiswa pertama yang lulus program IISMA, yakni Jeane Hilary yang dikirim untuk belajar di University of Limerick di Irlandia, dan Cathlin Andiny yang dikirim untuk belajar di Korea University di Korea Selatan.

“Selain dukungan dari Rektor, Fakultas, Program Studi, dan Civitas Akademika UMN, prestasi ini tidak lepas dari dukungan para penerima beasiswa tahun 2021, Jeane dan Cathlin, yang berbagi tips lolos IISMA kepada mahasiswa UMN yang berminat dengan program tersebut,” kata Boby Arinto, Manajer Global Office UMN.

“Selamat untuk para awardees, semangat berprestasi dan internasionalisasi demi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan,” kata Boby.

Baca juga: Unand Buka Seleksi Masuk Jalur Prestasi hingga Disabilitas, Ayo Daftar

18 mahasiswa berprestasi UMN

Sebanyak 18 mahasiswa lulus program IISMA 2022 dan akan dikirim ke universitas ternama di berbagai negara, di seperti Spanyol, Korea Selatan, Jerman, Inggris, Selandia Baru, Italia, Taiwan, Irlandia, Hungaria, Malaysia, dan Australia.

Berikut daftar mahasiswa UMN yang menerima beasiswa program IISMA 2022:

  1. Felicia Greta Tanjaya (Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Korea, Korea Selatan.
  2. Christopher Leondra Widjaja (Desain Komunikasi Visual) ke Centro de Lenguas Modernas de la Universidad de Granada, Spanyol.
  3. Sharon Tanaya (Desain Komunikasi Visual) ke Humboldt-Universität zu Berlin, Jerman.
  4. Cindy (Desain Komunikasi Visual) ke University of Glasgow, Inggris.
  5. Maria Joscelyn Prabowo (Desain Komunikasi Visual) ke University of Sydney, Australia.
  6. Jovinka Kelsey (Manajemen) ke Universitas Hanyang (Kampus Seoul), Korea Selatan.
  7. Maria Oktaviana (Jurnalistik) Universitas Hanyang (Kampus Seoul), Korea Selatan.
  8. Aiko Komala (Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Padua, Italia.
  9. Nathasya Aprilia Tsamara Wahyu Kusumawardhani (Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Sapienza Roma, Italia.
  10. Theressa Aify Wardojo (Film & Animasi) ke University College Dublin, Irland.
  11. Thirza Nathania Toni (Komunikasi Strategis) ke University of York, Inggris.
  12. Nadia Wirawendra Kusumoprojo (Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Pécs, Hongaria.
  13. Veronica (Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Sapienza Roma, Italia.
  14. Jeslyn Yolanda (Komunikasi Strategis) ke Universitas Sains dan Teknologi Nasional Taiwan (Teknologi Taiwan), Taiwan.
  15. Shiphra Claudia (Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Szeged, Hongaria.
  16. Aliya Azzahra (Desain Komunikasi Visual) ke Universitas Korea, Korea Selatan
  17. Yuki Sabrina Nakaya (Sistem Informasi) ke Universiti Malaya, Malaysia.
  18. Irene Glory Santoso (Komunikasi Strategis) ke The Australian National University, Australia.

Dalam kesempatan sama, Prof. Muliawati Siswanto, Wakil Rektor Bidang Hubungan & Kerjasama UMN, menyampaikan, “syarat penerimaan yang begitu tinggi untuk kemampuan berbahasa Inggris dan akademik, menunjukkan kualitas akademik Awardees yang tinggi."

Baca juga: UI Buka Jalur Prestasi S1 2022, Simak Ketentuan dan Cara Daftar

 

"UMN bangga, juga karena mahasiswa dari setiap Fakultas yang ada di UMN, semua terwakili,” tambahnya. Prof. Muliawati juga berharap, ke depan semakin banyak program akademik yang unggul dan menarik.

Ia percaya program tersebut dapat membantu memperdalam pengetahuan dan wawasan internasional siswa dan membangun hubungan antara siswa Indonesia dan internasional, memungkinkan lebih banyak orang untuk mengenal bangsa kita tercinta, Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com