Kompas.com - 19/08/2022, 11:20 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu fitur di ponsel pintar ialah permainan atau game. Tentu, ada banyak aplikasi game yang bisa dimainkan oleh semua kalangan.

Maka, tak heran jika kini ada banyak aplikasi game yang ditawarkan oleh berbagai game developer yang bisa diunduh secara gratis ataupun berbayar.

Tak hanya itu, imbasnya sekarang SDM di bidang tersebut atau yang melek dengan teknologi sedang dibutuhkan, bahkan hingga beberapa tahun ke depan.

Terkait hal itu, pendidikan di Indonesia kini telah banyak menyediakan jurusan di bidang permainan digital ini.

Baca juga: Ini Fitur di Aplikasi Deteksi Dini Stunting Inovasi Mahasiswa UGM

Pendidikan yang terbaru ialah Program Studi Produksi Media Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), yang bakal memasukkan game dalam beberapa mata kuliahnya.

Hal ini karena game kini terus berkembang, tidak hanya dipandang sebagai media hiburan semata, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan, seperti di bidang pendidikan dan pembelajaran.

Bisa jadi industri menjanjikan

N. Rangga Wiwesa, dosen sekaligus Ketua Program Studi Produksi Media Program Pendidikan Vokasi UI, mengatakan, game berpotensi menjadi media baru yang dapat dikembangkan menjadi industri yang komersial dan menjanjikan.

"Untuk itu, kami mulai mengembangkan kurikulum berbasis media-media baru yang perlu mulai dikenalkan kepada masyarakat. Salah satunya adalah game," ujarnya, dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Mahasiswa Unair Inovasi Deodoran Spray Alami dari Bahan Ini

Untuk memenuhi capaian pembelajaran mata kuliah game ini, Program Studi Produksi Media akan melakukan kolaborasi dengan sejumlah pelaku industri untuk memasukkan game ke beberapa mata kuliah, seperti Google Indonesia, GoPlay, Perusahaan Film Negara (PFN), Bumilangit, dan The Pokémon Company.

Selain itu, prodi ini juga berkontribusi dalam konsorsium game developer bernama Program Microcredential Game Developer (PMGD) yang diinisiasi oleh Indonesia Cyber Education Institute (ICE Institute) Universitas Terbuka (UT).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.