Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Kuliah "Game" Mulai Dikembangkan Vokasi UI

Kompas.com - 19/08/2022, 11:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu fitur di ponsel pintar ialah permainan atau game. Tentu, ada banyak aplikasi game yang bisa dimainkan oleh semua kalangan.

Maka, tak heran jika kini ada banyak aplikasi game yang ditawarkan oleh berbagai game developer yang bisa diunduh secara gratis ataupun berbayar.

Tak hanya itu, imbasnya sekarang SDM di bidang tersebut atau yang melek dengan teknologi sedang dibutuhkan, bahkan hingga beberapa tahun ke depan.

Terkait hal itu, pendidikan di Indonesia kini telah banyak menyediakan jurusan di bidang permainan digital ini.

Baca juga: Ini Fitur di Aplikasi Deteksi Dini Stunting Inovasi Mahasiswa UGM

Pendidikan yang terbaru ialah Program Studi Produksi Media Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), yang bakal memasukkan game dalam beberapa mata kuliahnya.

Hal ini karena game kini terus berkembang, tidak hanya dipandang sebagai media hiburan semata, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan, seperti di bidang pendidikan dan pembelajaran.

Bisa jadi industri menjanjikan

N. Rangga Wiwesa, dosen sekaligus Ketua Program Studi Produksi Media Program Pendidikan Vokasi UI, mengatakan, game berpotensi menjadi media baru yang dapat dikembangkan menjadi industri yang komersial dan menjanjikan.

"Untuk itu, kami mulai mengembangkan kurikulum berbasis media-media baru yang perlu mulai dikenalkan kepada masyarakat. Salah satunya adalah game," ujarnya, dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Mahasiswa Unair Inovasi Deodoran Spray Alami dari Bahan Ini

Untuk memenuhi capaian pembelajaran mata kuliah game ini, Program Studi Produksi Media akan melakukan kolaborasi dengan sejumlah pelaku industri untuk memasukkan game ke beberapa mata kuliah, seperti Google Indonesia, GoPlay, Perusahaan Film Negara (PFN), Bumilangit, dan The Pokémon Company.

Selain itu, prodi ini juga berkontribusi dalam konsorsium game developer bernama Program Microcredential Game Developer (PMGD) yang diinisiasi oleh Indonesia Cyber Education Institute (ICE Institute) Universitas Terbuka (UT).

"Prodi Produksi Media terus berupaya untuk melengkapi lingkup pembelajaran di bidang media yang belum ada di lingkungan UI untuk memperkaya khasanah media baru yang berpotensi besar menjadi industri di Indonesia," jelas Rangga.

Adapun prodi ini juga membekali mahasiswa dengan sejumlah mata kuliah, seperti produksi komik, e-sports, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), fotografi digital, livestream, konten musik, film, dan desain.

Karenanya, diharapkan agar lulusan Produksi Media dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan industri, terutama industri digital ke depan.

Baca juga: Mahasiswa UPN Jogja Inovasi Penghemat Air untuk Rumah Tangga

Perguruan tinggi yang ada jurusan game

Sebelumnya, ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang juga telah menyelenggarakan jurusan game, seperti:

  • Program S2 Teknologi Game (ITS Surabaya)
  • Program S2 Teknologi Media Digital dan Game (ITB Bandung)
  • Program S1 Game Application and Technology (Binus University)
  • Prodi D4 Teknologi Game (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
  • Prodi D4 Teknologi Permainan (Politeknik Negeri Media Kreatif)

Misalnya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), dalam Prodi D4 Teknologi Game, mahasiswa akan dibekali dengan empat kemampuan dasar yang dapat mendukung tumbuh kembang industri game, yaitu:

  • kemampuan teknis
  • kemampuan desain
  • kemampuan sosial dan komunikasi
  • kemampuan bisnis untuk berwirausaha di bidang industri game

Baca juga: Mahasiswa PENS Inovasi Robot Observasi Gunung Berapi

Prodi ini akan membentuk mahasiswa yang berkemampuan teknis meliputi merancang dan membuat game, menguasai pemrograman komputer yang berhubungan dengan game, serta kemampuan grafik dan audio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com