Kompas.com - 14/08/2022, 08:36 WIB

KOMPAS.com - Kopi masih menjadi salah satu komoditas pangan primadona di Indonesia.

Asal-usul semua jenis kopi sebenarnya datang dari Ethiopia, Afrika kemudian disebarkan melalui jalur perdagangan. Hingga akhirnya dibudidayakan di Indonesia sejak jaman kolonial Belanda.

Umumnya, konsumen Indonesia menyukai jenis kopi Arabica dan Robusta. Namun, selain kedua jenis kopi tersebut masih terdapat dua jenis kopi lain yang belum terlalu populer di Indonesia. Yakni kopi Excelsa dan Liberica.

Baca juga: Telur Puyuh Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Dosen IPB

Keempat jenis kopi ini memiliki perbedaannya tersendiri. Kopi Arabica (coffea arabica) dan robusta (coffee canipora), merupakan spesies berbeda dan memiliki persyaratan tumbuh yang berbeda.

Arabica tumbuh baik di dataran tinggi pegunungan dengan udara dingin, sedangkan robusta di dataran lebih rendah dan di udara lebih hangat.

Karena perbedaan lokasi tumbuh ini, menjadikan kopi robusta lebih mudah dibudidayakan di tempat yang ketinggiannya lebih rendah.

Robusta juga lebih tahan penyakit daripada Arabica sehingga pembudidayaannya lebih mudah. Hal ini menyebabkan petani Indonesia lebih menggemari budidaya Robusta.

Baca juga: Pakar IPB: Khasiat Tanaman Porang, Cegah Kanker dan Gula Darah

Sekitar 90 persen budidaya kopi Indonesia didominasi oleh jenis Robusta daripada jenis kopi lainnya, sisanya adalah Arabica.

Peneliti Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (Seafast) Center Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University, Dian Herawati menceritakan lebih lanjut mengapa arabica populer.

“Namun belakangan ini Arabica mulai digemari karena masyarakat mulai tahu bahwa kopi ini memiliki cita rasa lebih superior atau enak dibandingkan Robusta,” terangnya, dilansir dari laman IPB University.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.