Kompas.com - 13/08/2022, 15:04 WIB
|

KOMPAS.com - Tim PKM-RE Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melakukan penelitian terhadap mikroplastik.

Adapun tim peneliti dari UAD tersebut menemukan mikroplastik pada air hujan yang jatuh di jalan raya di pusat kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hal ini jelas membahayakan kesehatan masyarakat Yogyakarta yang masih banyak menampung air hujan untuk keperluan sehari-hari.

Melansir laman UAD, Rabu (10/8/2022), tim peneliti UAD itu terdiri dari Safa Auli Zahra, Maydiana Ayu Andini, Almaida Khansa Gunawan, dan didampingi Inggita Utami, M.Sc.

Baca juga: UAD Kembangkan Maggot, Solusi Pengurai Sampah Bernilai Ekonomi

Berasal dari abrasi ban kendaraan

Menurut riset yang dilakukan tim peneliti tersebut, mikroplastik telah terdeteksi pada jalan raya di sepanjang garis imajiner atau sumbu khayal yang membentang dari Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, hingga Kabupaten Bantul.

Untuk kandungan mikroplastik tertinggi ditemukan pada sampel air hujan yang jatuh di kawasan Monumen Tugu Yogyakarta yaitu sebesar 393 partikel/L.

Disusul oleh sampel yang diamati pada jalan raya di depan Pasar Bantul yaitu 350 partikel/L, dan di Jalan Kaliurang kilometer 14 sekitar 322 partikel/L.

Ternyata, kandungan mikroplastik yang cukup mencengangkan itu berkorelasi salah satunya dengan padatnya kendaraan bermotor yang melintasi jalan raya di pusat kota dan kabupaten di Provinsi DIY.

Bahkan menurut riset yang dilakukan peneliti dari University of Hamburg, Jerman, sumber utama mikroplastik di atmosfer salah satunya berasal dari abrasi ban kendaraan bermotor.

Temuan tersebut ternyata sesuai dengan fakta karakteristik mikroplastik yang banyak ditemukan pada sampel air hujan di Yogyakarta.

Baca juga: Mahasiswa UAD Bagikan Tips Melawan Stres Berat di Semester Akhir

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.