Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Teknik Storytelling: Buat Presentasi Lebih Hidup dan Berarti

Kompas.com - 12/08/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - "Storytelling is the most powerful way to put ideas into the world today." —Robert McKee

Dunia kerja menuntut kita untuk bisa tampil sempurna di hadapan orang-orang. Selain itu, kita juga harus memiliki kemampuan persuasi yang baik sehingga mudah meyakinkan orang lain.

Kita tak bisa menampik bahwa tuntutan ini memang tidak mudah untuk dipenuhi. Akan tetapi, bukan berarti keterampilan untuk memenuhi tuntutan ini tidak bisa dipelajari.

Storytelling adalah salah satu cara efektif untuk mengatasinya. Melalui keterampilan ini, kita dilatih untuk mampu membawakan topik pembicaraan kerja dengan lebih berkesan, percaya diri, dan menyenangkan.

Keterampilan ini akan sangat berguna ketika melakukan presentasi kerja, entah itu kepada rekan, atasan, atau klien, sehingga mereka tidak cepat bosan mendengarkan apa yang kita sampaikan.

Lantas, bagaimana cara menerapkan storytelling yang tepat di lingkungan profesional, khususnya saat melakukan presentasi kerja?

Melalui siniar (podcast) OBSESIF edisi Less Than 10 episode “Presentasi Anti-Boring dengan Teknik Storytelling”, kita akan disuguhkan kiat-kiat melakukan storytelling yang diadaptasi dari buku mega best seller Gramedia bertajuk Bicara Itu Ada Seninya oleh Oh Su Hyang.

Bicara Itu Ada Seninya ditulis oleh Oh Su Hyang, seorang dosen sekaligus pakar komunikasi ternama dari Korea Selatan.

Dikutip dari Kompas Buku, secara singkat, buku ini membahas kiat berkomunikasi dengan baik dan tepat. Buku ini sangat direkomendasikan bagi kita yang mempunyai masalah komunikasi dengan orang lain.

Baca juga: Apa Itu Tren Work From Anywhere?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.