Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubaya Tingkatkan Kapasitas Kepala Desa di Jawa Timur

Kompas.com - 08/08/2022, 15:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi kepala desa harus bisa mengayomi masyarakatnya dengan baik. Karenanya, kapasitas SDM kepala desa juga harus ditingkatkan.

Seperti halnya yang dilakukan Universitas Surabaya (Ubaya) yang dipercaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberi pembekalan kepada kepala desa di lingkungan pemerintah kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Kegiatan pembekalan dikemas dengan tema Peningkatan Kapasitas SDM bagi Kepala Desa Angkatan IV yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur pada 14-18 Maret 2022.

Baca juga: 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Tol dari Akademisi Ubaya

Saat pembekalan, peserta tidak hanya mendapat materi kompetensi, tetapi juga diberi materi penunjang berupa kegiatan visitasi lapangan.

Tentu, tujuannya agar para kepala desa memperoleh gambaran dan mengadopsi secara langsung best practice yang dilakukan oleh desa tempat tujuan kunjungan lapangan.

Adapun kegiatan kunjungan lapangan dilaksanakan pada 17 Maret 2022 dan diikuti 60 perwakilan kepala desa se-Jawa Timur.

Kali ini, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto menjadi tempat tujuan belajar.

Desa yang menjadi binaan Ubaya sejak 2019 ini memiliki segudang prestasi, mulai level regional hingga nasional.

Dalam kunjungan lapangan di Desa Ketapanrame, kepala desa memperoleh banyak informasi inovasi dan terobosan yang telah dilakukan Desa Ketapanrame.

Baca juga: Mahasiswa UPN Jogja Inovasi Penghemat Air untuk Rumah Tangga

Desa ini berhasil meningkatkan perekonomian desa melalui partisipasi masyarakat.

Sebagai narasumber visitasi lapangan yakni Zainul Arifin Kepala Desa Ketapanrame, Rochmad Syafi’i Sekretaris Desa Ketapanrame serta Veny Megawati dan Utomo dari LPPM Ubaya.

Peserta kunjungan lapangan sangat antusias mengikuti kegiatan. Muncul banyak pertanyaan dan harapan agar desa mereka bisa berkembang seperti Desa Ketapanrame.

Sayatri Handoko Warih, Kepala Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban berharap berharap desanya bisa berkembang seperti Desa Ketapanrame.

"Karena itu, kami minta Ubaya bisa mendampingi desa kami, seperti yang dilakukan Ubaya di Desa Ketapanrame," ujar Handoko seperti dikutip dari laman Ubaya.

Menanggapi hal tersebut, Utomo, Manajer pengabdian LPPM Ubaya merespons positif.

Menurutnya, Kabupaten Tuban masih masuk 10 wilayah kabupaten/kota prioritas pengabdian Ubaya di Jawa Timur.

Baca juga: Ini 10 Prodi di Unair Terakreditasi FIBAA

"Silakan Bapak berkirim surat ke LPPM Ubaya. Kami akan tindaklanjuti mengirimkan tim untuk survei, pemetaan potensi yang bisa dikembangkan di desa. Semoga berjodoh dan kita bisa bersama-sama mengembangkan potensi desa Bapak," tandas Utomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com