Kompas.com - 08/08/2022, 13:31 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah dua tahun menyajikan tampilan secara virtual, tahun ini grup paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) akan kembali tampil di Istana Merdeka pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bekerja sama dengan Korp Musik Kepolisian Republik Indonesia akan membimbing peserta GBN terpilih secara luring selama pemusatan latihan pada 6-15 Agustus 2022.

Baca juga: Sosok Michael Agung, Lulus Kuliah dari ITB dengan Nilai IPK 3,99

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Restu Gunawan mengatakan, Gita Bahana Nusantara merupakan representasi Indonesia mini yang diharapkan dapat menjadi perekat persatuan dan penjaga semangat keindonesiaan.

"Seluruh peserta GBN diharapkan dapat menjadi agen baru dari masing-masing provinsi. Tunjukkan semangat dan kesungguhan adik-adik agar GBN dapat tampil maksimal dan prima tahun ini," ucap dia melansir laman Kemendikbud Ristek, Senin (8/8/2022).

Kepala Bagian Tata Graha, Sekretariat Negara Republik Indonesia, Sri Endah Wartuti menyampaikan, seluruh rangkaian acara peringatan HUT ke-77 RI akan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

"Setiap kegiatan yang dilakukan akan didahului dengan antigen/PCR bagi seluruh peserta yang terlibat," ujar dia.

Baca juga: Psikolog UGM: Ini 5 Macam Pola Pengasuhan Anak dalam Keluarga

Sebagai informasi, Gita Bahana Nusantara terdiri dari putra dan putri terbaik bangsa Indonesia yang telah melalui proses seleksi ketat untuk dapat bergabung dalam tim paduan suara dan orkestra.

Berbagai persiapan dilakukan para peserta, mulai dari pelatihan daring yang dilaksanakan pada tanggal 25-29 Juli dan 1-2 Agustus 2022.

Setelah melalui pelatihan daring, seluruh peserta menjalani pemusatan latihan di Wisma Kinasih, Depok.

Di tahun ini, kata Ketua Pelaksana Gita Bahana Nusantara 2022, Yayuk Sri Budi Rahayu, ada 199 putra-putri yang terpilih untuk tampil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.