Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2022, 13:31 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Setelah dua tahun menyajikan tampilan secara virtual, tahun ini grup paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) akan kembali tampil di Istana Merdeka pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bekerja sama dengan Korp Musik Kepolisian Republik Indonesia akan membimbing peserta GBN terpilih secara luring selama pemusatan latihan pada 6-15 Agustus 2022.

Baca juga: Sosok Michael Agung, Lulus Kuliah dari ITB dengan Nilai IPK 3,99

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Restu Gunawan mengatakan, Gita Bahana Nusantara merupakan representasi Indonesia mini yang diharapkan dapat menjadi perekat persatuan dan penjaga semangat keindonesiaan.

"Seluruh peserta GBN diharapkan dapat menjadi agen baru dari masing-masing provinsi. Tunjukkan semangat dan kesungguhan adik-adik agar GBN dapat tampil maksimal dan prima tahun ini," ucap dia melansir laman Kemendikbud Ristek, Senin (8/8/2022).

Kepala Bagian Tata Graha, Sekretariat Negara Republik Indonesia, Sri Endah Wartuti menyampaikan, seluruh rangkaian acara peringatan HUT ke-77 RI akan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

"Setiap kegiatan yang dilakukan akan didahului dengan antigen/PCR bagi seluruh peserta yang terlibat," ujar dia.

Baca juga: Psikolog UGM: Ini 5 Macam Pola Pengasuhan Anak dalam Keluarga

Sebagai informasi, Gita Bahana Nusantara terdiri dari putra dan putri terbaik bangsa Indonesia yang telah melalui proses seleksi ketat untuk dapat bergabung dalam tim paduan suara dan orkestra.

Berbagai persiapan dilakukan para peserta, mulai dari pelatihan daring yang dilaksanakan pada tanggal 25-29 Juli dan 1-2 Agustus 2022.

Setelah melalui pelatihan daring, seluruh peserta menjalani pemusatan latihan di Wisma Kinasih, Depok.

Di tahun ini, kata Ketua Pelaksana Gita Bahana Nusantara 2022, Yayuk Sri Budi Rahayu, ada 199 putra-putri yang terpilih untuk tampil.

Itu terdiri dari 131 peserta paduan suara perwakilan dari 34 provinsi dan 68 peserta orkestra.

"Mereka akan mendapat kesempatan untuk tampil di Gedung DPR/MPR dan Istana Merdeka pada pengibaran serta penurunan Bendera Merah Putih," jelas Yayuk.

Yayuk mengungkapkan, semangat seluruh peserta menggelora di malam pembukaan Pemusatan Latihan GBN tahun 2022.

Penantian panjang mereka, kata Yayuk, berbuah manis, tepat di HUT RI yang ke 77 tahun.

Baca juga: Kasus Meme Stupa Roy Suryo, Pakar Unair: Kebebasan Berekspresi yang Lewat Batas

"Membawakan total 17 lagu, peserta GBN 2022 berkesempatan melakukan penampilan bersama Yura Yunita dan Vidi Aldiano. Hal spesial lainnya ialah kehadiran Nathania Karina, konduktor wanita pertama yang akan memandu Gita Bahana Nusantara 2022," tukas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com