Kompas.com - 08/08/2022, 09:53 WIB

KOMPAS.com - Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022 untuk jenjang SD dan SMP telah selesai digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Sabtu (6/8/2022).

Kepala BPTI sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi menyampaikan bahwa OSN 2022 tidak hanya memupuk prestasi akademik siswa saja melainkan juga menanamkan karakter luhur Pancasila.

"Kita ingin memupuk kecerdasan dan juga menanamkan karakter Pelajar Pancasila menjadi bagian dari Manajemen Telenta Nasional," ungkap Asep dilansir dari laman Kemendikbudristek.

"15-20 tahun kemudian, adik-adik akan meraih emas yang sesungguhnya dalam Generasi Indonesia Emas," ucap Asep.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar SD-SMA 2022

Sementara itu, Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi mengatakan peserta OSN 2022 merupakan generasi emas bagi masa depan bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia yang lebih baik.

“Terus berjuang, bersemangat belajar dan jadilah pribadi-pribadi tangguh yang memiliki ahlak luhur dan mulia. Teruslah berkarya dalam bidang sains, manfaatkanlah diri kalian masing-masing, dengan menjadi tutor sebaya bagi teman-teman kalian di daerah atau dengan cara yang lainnya. Bantulah teman-teman kalian dalam memahami sains tanpa harus membebani diri kalian," terang Muhammad Hasbi saat menutup secara resmi OSN 2022 di Tangerang, pada Sabtu (6/8/2022).

Para siswa peraih medali OSN 2022

Peserta OSN 2022 jenjang SD dan SMP merupakan hasil seleksi dari total 88.975 peserta.

Tes OSN telah dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu pada tanggal 2 dan 3 Agustus 2022 secara serentak di seluruh Indonesia dan peserta Indonesia yang berada di wilayah luar negeri.

Baca juga: Cara Daftar Bantuan Dana bagi Siswa SD-SMA Swasta Jakarta, hingga Rp 10 Juta

OSN tingkat nasional tahun 2022 ini menghasilkan 60 pemenang jenjang SD dan 135 pemenang jenjang SMP.

Selain diberikan medali emas, perak, dan perunggu, peserta juga diberikan plakat penghargaan predikat kategori The Best Theory (Teori Terbaik), The Best Overall (Keseluruhan Terbaik), The Best Observation (Observasi Terbaik), dan The Best Exploration (Eksplorasi Terbaik) untuk OSN SD bidang lomba Matematika dan IPA.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.