Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2022, 20:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) menghadirkan Founding President John Maxwell Leadership Foundation Rob C. McCleland dalam seminar “Preparing Christian Higher Education Leaders for a Disrupted World”, pada Senin, 01 Agustus 2022.

Seminar dilaksanakan secara hibrid di Kampus I Ukrida, Jakarta Barat dan diikuti berbagai perguruan tinggi mitra Ukrida di seluruh Indonesia.

Seminar ini merupakan hasil kolaborasi Ukrida dengan Badan Koordinasi Akademik, Hibah, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pendidikan Tinggi Kristen di Indonesia (BAKP3-PTKI).

Kepala Lembaga Layanan Pendididikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta, Paristiyanti Nurwardani memberikan apresiasi atas penyelenggaran seminar ini karena menjadi bukti Ukrida terus meningkatkan dan memperluas kolaborasi guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Kepala LLDikti Wilayah III berharap, melalui seminar ini kolaborasi antar perguruan tinggi akan dapat mengidentifikasi permasalahan yang ada dan berbagi peran dalam menyikapinya.

"Khusus untuk di Indonesia, fokusnya masih kepada membangkitkan ekonomi saat dan pascacovid-19 melalui lima langkah, yaitu green economy, blue economy, digital economy, pariwisata, dan kemandirian kesehatan," ungkap Paristiyanti.

"Selain itu juga permasalahan stunting serta peningkatan berbagai kompetensi digital, teknologi, dan humaniora," tambah Kepala LLDikti Wilayah III.

Lebih jauh Paristiyanti juga mengatakan, lima kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka terus menjadi fokus dalam mengupayakan transformasi pendidikan. Pertama, peningkatan kualitas dosen, termasuk peningkatan peran dalam proses pembelajaran partisipatif.

Kedua, peningkatan relevansi pendidikan tinggi dengan situasi saat ini, dan memanggil para praktisi untuk ikut mengajar di perguruan tinggi.

Ketiga, peningkatan partisipasi bagi perguruan tinggi dengan program studi terakreditasi A untuk menyiapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Baca juga: Seminar Pancasila 2022 BPIP: Indonesia Siap Bawa Nilai Pancasila pada Presidensi G20

Keempat, dengan bergabungnya Ristek ke Kemendikbud, maka berbagai kebijakan tentang Riset yang semula dikelola oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bidang pendidikan tinggi kembali ke Kemendikbud, dan nama kementerian menjadi Kemendikbudristek serta memperoleh tambahan dana riset yang mencapai 1,6 Triliun rupiah.

Kelima, kebijakan tentang riset dan pengabdian kepada masyarakat. Tahun ini untuk peningkatan hilirisasi dan rekacipta para dosen agar menghasilkan berbagai inovasi yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan daerah, propinsi, nasional, dan global dialokasikan dana sebesar 1 triliun.

"Sementara itu, untuk meningkatkan berbagai indikator keberhasilan dialokasikan dana sebesar 500 Miliar terkait Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

Selanjutnya, Dr. Paristiyanti menegaskan bahwa kelima kebijakan tersebut membawa dampak yang luar biasa dalam rangka mengantisipasi era disruptif sesuai agenda seminar ini, dan quote dari Menteri Nadiem Makarim masih tetap sama, yaitu tidak ada inovasi tanpa kolaborasi.

Sikap pemimpin di era disrupsi

Dalam seminar Founding President John Maxwell Leadership Foundation Rob C. McCleland menekankan sikap pemimpin dalam menghadapi era disrupsi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com