Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Sampaikan Pesan Ini ke Wisudawan Unpad

Kompas.com - 03/08/2022, 13:56 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Rina Indiastuti melantik 1.617 wisudawan pada upacara wisuda lulusan gelombang IV tahun akademik 2021/2022.

Wisuda dilaksanakan secara hybrid dalam 9 sesi, di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad dari tanggal 3-5 Agustus 2022.

Baca juga: Kisah Haru Ibu Wakili Wisuda S1 di Unesa karena Anaknya Telah Tiada

Berbeda dengan pelaksanaan wisuda sebelumnya yang menggelar dua sesi dalam satu hari.

Kali ini Unpad menggelar tiga sesi wisuda dalam satu hari demi kenyamanan peserta dan penerapan protokol kesehatan yang optimal. Sebagian besar wisudawan mengikuti secara luring.

"Majelis kali ini juga menunjukkan bukti bahwa kita semakin beradaptasi dengan situasi pasca Covid-19," ucap dia melansir laman Unpad, Rabu (3/8/2022).

Pada kesempatan tersebut, dia mengatakan wisuda kali ini dilaksanakan dalam suasana Dies Natalis ke-65 Unpad.

Ini berarti Unpad telah menginjak Lustrum ke-13. Tema yang diangkat adalah "Bangkit bersama Unpad Hybrid University".

"Tema Lustrum ke-13 Unpad ini diusung bukan semata-mata mengikuti tren. Selain kebangkitan pasca pandemi, tema ini lebih menyoroti adanya kebersamaan dalam upaya menjadi lebih baik dalam segala hal di tengah kondisi yang belum sepenuhnya kembali seperti dulu," jelas dia.

Lanjut dia mengatakan, Unpad merasa perlu menaikkan slogan ini. Ini didasarkan upaya Unpad yang sedang berupaya menyelenggarakan tata kelola berkehidupan dan berkegiatan di kampus dalam era tatanan baru.

Salah satunya adalah pola berkegiatan secara hybrid, yang dilakukan bukan saja dalam kegiatan perkuliahan dan penelitian, tapi juga hal keorganisasian.

Baca juga: Beasiswa Chevening 2023/2024 Buka 1.500 Kuota, Ini Syarat dan Jadwal Daftarnya

Hal tersebut dapat terlaksana bila ada kebersamaan dalam bergerak dengan berbagai pihak terkait dan kolaborator, termasuk para alumni.

Kepada para wisudawan, dia mengingatkan untuk tidak berhenti belajar setelah lulus, melainkan memiliki pengalaman belajar tak terbatas.

Rektor juga mengatakan, Unpad kembali menegaskan komitmennya untuk mencanangkan pembelajaran sepanjang hayat atau yang dikenal dengan life long learning.

Salah satunya dengan menghadirkan Unpad Massive Open Online Course (MOOC) atau "Muk", sebuah sistem pembelajaran daring non-degree yang dapat diikuti oleh siapa pun.

Selain itu, Prof. Rina pun mengingatkan para wisudawan untuk dapat memaksimalkan potensi diri agar selalu bermanfaat, tetapi tetap penuh kerendahan hati.

Nilai seorang manusia bukan ditentukan oleh besar kecilnya tugas yang diemban, tetapi bagaimana melaksanakan tugas tersebut dengan kemampuan yang terbaik.

Baca juga: Sosok Michael Agung, Lulus Kuliah dari ITB dengan Nilai IPK 3,99

"Oleh karena itu, saya berpesan kepada saudara semua untuk terus kreatif, terus berkarya dengan segenap kemampuan terbaik, dan menyebarkan nama baik Unpad tercinta melalui karya-karya terbaik Anda di manapun, hingga ke mancanegara," tukas Rektor Unpad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com