Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Sekolah Ikut Taekwondo? Ini Manfaat yang Diperoleh

Kompas.com - 17/07/2022, 19:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Seiring perkembangan teknologi, anak-anak zaman sekarang sudah terbiasa dengan gawai atau ponsel pintar. Tentu, tujuannya untuk bermain game atau bersosial media.

Karena itu, akivitas fisik menjadi berkurang. Apalagi bagi anak-anak sekolah, usai pulang dari sekolah kebanyakan anak-anak akan bermain atau sibuk dengan gadget-nya.

Padahal, aktivitas fisik penting bagi tumbuh kembang anak. Untuk itu, anak-anak perlu ikut kegiatan fisik yang positif. Salah satunya dengan ikut berlatih seni bela diri Taekwondo.

Baca juga: 5 Alat Musik Tradisional Khas Indonesia, Siswa Sudah Tahu?

Salah satu olahraga dari Korea yang sudah mendunia ini banyak diminati oleh anak-anak muda. Mulai dari anak TK hingga siswa SMA/SMK atau anak kuliah.

Bahkan ada beberapa sekolah yang memasukkan Taekwondo dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Jika di sekolah tidak ada, maka ada banyak tempat latihan atau kursus Taekwondo di beberapa daerah.

Seperti di Dojang Taekwondo Krida Indonesia yang berada di Mantup, Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Setiap Selasa dan Jumat sore, ada banyak anak-anak yang ikut latihan Taekwondo di tempat tersebut.

Manfaat ikut Taekwondo

Menurut Sabeum Adiyan Satya Dwi Purnama selaku pelatih Dojang Taekwondo Krida Indonesia, mereka (peserta) yang ikut latihan adalah siswa-siswi dari jenjang TK hingga SMA.

Ada banyak manfaat yang didapat dengan ikut latihan Taekwondo. Salah satunya melatih kedisiplinan anak serta anak lebih percaya diri.

"Jika anak belajar akademik di sekolah, maka di Dojang anak dilatih kedisiplinan serta fisiknya," ujar Sabeum Adiyan disela acara Penyegaran Latihan dan Penyematan Sabuk di Pantai Tall Wolu Bantul, DIY, Minggu (17/7/2022).

Baca juga: Siswa, Ini 5 Buah Langka Indonesia yang Lezat dan Kaya Manfaat

Selain kedisiplinan, anak juga diajari untuk bisa mengendalikan diri. Salah satunya lewat gerakan tendangan yang sulit dan membutuhkan fokus serta latihan yang intens.

"Ini bisa melatih anak disiplin dalam aspek taktis, mental, dan fisiknya. Untuk berhasil, anak juga harus menunjukkan pengendalian diri dan perilaku yang terkontrol," tambah Sabeum Adiyan.

Tak hanya itu saja, manfaat lain dengan ikut latihan Taekwondo bagi anak adalah anak bisa menjadi lebih tekun. Hal ini dapat dilihat dengan banyak anak didiknya yang menjadi juara pada kejuaraan Taekwondo.

Tentu, karena anak harus tekun dalam berlatih semua gerakan sulit di seni bela diri Taekwondo.

Tidak kalah penting, ketika anak latihan Taekwondo maka harus lebih fokus terutama ketika berlatih dan bertanding.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com