Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai "Good Looking" Jadi Syarat Masuk, Universitas Brawijaya Beri Penjelasan

Kompas.com - 15/07/2022, 07:54 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya yang tetapkan syarat good looking untuk calon mahasiswa baru ramai dibicarakan di media sosial.

Syarat good looking, menurut pihak Universitas Brawijaya hanya syarat tambahan untuk calon mahasiswa baru yang memilih peminatan perbankan dalam Prodi Keuangan dan Perbankan Fakultas Vokasi UB.

Ketua Departemen Bisnis dan Hospitality UB, San Rudiyanto mengatakan syarat tersebut muncul atas kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) terutama dengan instansi perbankan.

Di mana ada syarat yang mengharuskan kualifikasi mahasiswa sesuai dengan kebutuhan industri perbankan.

Baca juga: Unair Masih Buka Jalur Mandiri S1 Reguler, Cek Prodi dan Biaya Kuliah

Ia mengatakan, syarat good looking tak hanya dari penampilan. Namun, juga smart atau cerdas.

Hal ini harus dibuktikan dengan lulus ujian tulis atau nilai passing grade dari nilai raport calon mahasiswa Vokasi UB.

Ia menjelaskan Fakultas Vokasi merupakan Pendidikan tinggi yang menyelaraskan kebutuhan link and match dengan DUDI.

Sehingga dari syarat di atas, dianggap sesuai dan mendorong output dari lulusan Vokasi yang bisa terserap kerja di industri.

"Dalam seleksi masuk perbankan kualifikasi seperti itu menjadi salah satu tambahan persyaratan, setelah nilai untuk memenuhi standar industri sehingga terkoneksi dengan kebutuhan diperbankan," ujarnya dilansir dari rilis UB.

Proses seleksi tetap dilakukan melalui jalur tes tulis dan nilai rapor untuk menentukan kelolosan calon mahasiswa vokasi sesuai dengan passing grade yang telah ditetapkan.

Baca juga: 9 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Tahun 2030, Mahasiswa Harus Tahu

Kemudian, ada tes performance yang disesuaikan dengan kebutuhan industri perbankan, di mana salah satunya adalah berpenampilan menarik (good looking).

Tes performance ini melibatkan praktisi dari perbankan, yang melakukan selesksi secar langsung terhadap calon mahasiswa vokasi.

Sehingga, good looking bukan satu-satunya syarat utama masuk UB. Good looking tidak boleh dimaknai secara sempit, misalnya harus mahasiswa yang memiliki kriteria cantik atau ganteng sebagaimana yang sedang viral.

Namun dari sisi yang lebih luas, good looking bisa diartikan seperti  berpenampilan menarik, rapi, bersih, enak dilihat, ramah.

"Karena nantinya mahasiswa kita ini akan bekerja di garda terdepan pelayanan di bank-bank mitra vokasi sehingga standar pegawai frontliner menjadi kriteria persyaratan," katanya. 

Baca juga: Calon Doktor Muda UB, Syahputra Lulus dengan IPK 4,00 di Usia 26 Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com