Kompas.com - 05/07/2022, 21:36 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kuliah umum di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), pada Selasa (5/7/2022).

Dihadapan mahasiswa dan sivitas akademika, Menteri BUMN menyampaikan materi dengan tema "Kolaborasi BUMN dan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Generasi Digital di Era Disrupsi".

Baca juga: Calon Doktor Muda UB, Syahputra Lulus dengan IPK 4,00 di Usia 26 Tahun

Dalam kuliah umum yang dihadiri lebih dari 4000 mahasiswa, dia menyampaikan pengembangan teknologi dan digitalisasi menjadi keharusan untuk mempersiapkan 2nd and 3rd wave digital disruption yang mulai terjadi.

Untuk itu, semua pihak harus memikirkan bagaimana caranya mengisi kemerdekaan dengan kedaulatan pangan, energi maupun ekonomi.

"Ekonomi digital adalah ekonomi masa depan kita (Indonesia) dengan kesempatan dan market besar," tutur dia melansir laman Unsoed.

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi tidak boleh hanya mengandalkan sumber daya alam (SDA), tetapi juga perlu diperkuat oleh knowledge based economy.

Dengan memiliki growth mindset, maka generasi muda bisa menjadi lebih agile dan adaptif.

Menurut dia, Indonesia akan menjadi negara yang mendominasi kekuatan ekonomi dunia di tahun 2045.

Untuk mewujudkan Indonesia 2045, kata dia, Indonesia harus siap menghadapi 5 tren disrupsi global, yaitu geo-ekonomi, demografi, lingkungan, teknologi, dan kesehatan.

Baca juga: Peserta SMUP Sarjana Jalur Mandiri Unpad, Rektor Ingatkan Pesan Ini

Rektor Unsoed, Prof. Akhmad Sodiq menyampaikan, saat ini manusia hidup di era perubahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.