Kompas.com - 05/07/2022, 21:04 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim menyebut, para alumni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan garda terdepan dalam menjaga keberlanjutan program MBKM.

Menurut dia, para mahasiswa yang telah merasakan manfaat dari program ini dapat mendorong kampus menciptakan program serupa atau secara mandiri di dalam kampusnya.

Baca juga: Calon Doktor Muda UB, Syahputra Lulus dengan IPK 4,00 di Usia 26 Tahun

Lalu harus bisa menjadi contoh sukses bagi mahasiswa lain yang belum berkesempatan mengikuti MBKM.

"Menurut saya itu adalah kontribusi terbesar alumni MBKM agar program ini terus berlanjut dan berkesinambungan," ucap dia dalam acara Road to Festival Kampus Merdeka, seperti melansir laman Kemendikbud Ristek, Selasa (5/7/2022).

Acara ini sendiri digelar dalam rangka menyambut Festival Kampus Merdeka (FKM) yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang sebagai tindak lanjut pencapaian strategis dalam peningkatan keberlanjutan program MBKM.

Menteri Nadiem mendorong para alumni program untuk berbicara mengenai manfaat dan pengalaman yang mereka rasakan, baik melalui media sosial maupun media-media lainnya.

Kesempatan ini menjadi peluang untuk menarik lebih banyak lagi mahasiswa yang dapat berpartisipasi dalam program MBKM.

Baca juga: Ahli Hukum Unair Soroti Legalisasi Ganja untuk Medis

"Kalian bisa bersuara ke banyak pihak, mempromosikan program ini sehingga semakin banyak adik-adik kelas kalian yang ikut mencoba untuk masuk dalam program ini," jelas Nadiem.

Dia juga berpesan kepada para peserta Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk dapat menunjukkan nilai-nilai budaya bangsa dan kebinekaan di panggung dunia.

Hal ini menjawab pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa lainnya, Muhammad Bijaksabara.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.