Kompas.com - 29/06/2022, 09:55 WIB

KOMPAS.com - Rektor Universitas Pertamina (Uper), Prof. Wiratmaja Puja mengatakan bahwa setiap tahunnya UPER membuka pendaftaran beasiswa baik bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa yang telah berkuliah di UPER.

Tahun 2022 ini, menurut Prof Wirat, tak kurang dari Rp 24 miliar digelontorkan untuk beragam jenis program beasiswa yang bisa didaftar calon mahasiswa maupun mahasiswa Uper.

“Untuk mahasiswa baru misalnya, ada beasiswa yang kami tujukan bagi siswa/siswi dari sekolah unggulan atau sekolah yang memiliki kekhasan, yang berasal dari Daerah 3T, yang berprestasi secara akademik dan non-akademik, yang aktif di kegiatan organisasi, bahkan yang aktif di media sosial,” jelasnya dalam dalam keterangan tertulis Uper, pekan lalu.

Baca juga: 8 Perguruan Tinggi BUMN Buka Beasiswa 2022, Bebas Biaya Kuliah

Tak melulu soal keringanan biaya, beasiswa ternyata memberi berbagai keuntungan bagi para penerimanya.

Pradana Vian Prasetyo, Alzahid Muhasabah, dan Prayogi, adalah tiga dari sejumlah alumni Uper yang merasakan manfaat menerima beasiswa Uper. Mereka kini berkarier di perusahaan ternama impiannya, berkat beasiswa.

Ketiganya memaparkan ragam manfaat yang didapat melalui program beasiswa Universitas Pertamina.

1. Motivasi belajar yang besar

Berkat tuntutan untuk menjaga dan meningkatkan nilai akademis, Prayogi, alumni Program Studi Manajemen UPER, mengaku berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di angka 3,92.

“Berkat menjadi penerima beasiswa, saya jadi terpacu untuk meraih nilai tinggi di setiap mata kuliah. Ditambah lagi, melihat teman-teman penerima beasiswa lain juga sangat bersemangat dalam belajar. Rasanya tidak ingin kalah,” ungkap alumni yang kini bekerja sebagai Cost Estimator & Business Development di PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi tersebut.

Baca juga: 13 PTN yang Masih Buka Jalur Mandiri Setelah Pengumuman SBMPTN 2022

2. Prestasi akademik yang ciamik

Tak hanya IPK, menurut Alzahid, alumni Program Studi Ilmu Komputer UPER, berkat beasiswa ia juga termotivasi untuk selalu mengikuti ajang dan kejuaraan di berbagai level.

“Ketika wawancara beasiswa, sebagai bentuk sumbangsih terhadap kampus yang telah memberikan beasiswa penuh, saya berjanji untuk terus mengukir prestasi,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.