Kompas.com - 14/06/2022, 10:22 WIB

KOMPAS.com - Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (Aperti BUMN) yang terdiri dari delapan perguruan tinggi di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menyelenggarakan program beasiswa untuk putra-putri lulusan SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia.

Kedelapan perguruan tinggi tersebut di antaranya adalah Telkom University (Tel-U), Universitas Pertamina (Uper), Institut Teknologi PLN (IT PLN), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), IT Telkom Surabaya (ITT Surabaya), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto), Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITT Jakarta) dan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) (dh/STIMLOG dan Poltekpos).

Perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN telah memiliki spesialisasi yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri.

Baca juga: KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN-PTS 2022 Dibuka, Kuliah Gratis sampai Lulus

Sebut saja TEL-U di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Universitas Pertamina di bidang energi, UISI di bidang bisnis dan teknologi persemenan, ITT Surabaya di bidang teknologi komunikasi, IT PLN memiliki spesialisasi di bidang ketenagalistrikan, ITT Purwokerto di bidang Healthcare, Agro-industry, Tourism, dan Small-Medium Enterprise, ITT Jakarta berfokus pada aplikasi di bidang industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan, dan ULBI dalam bidang logistik, supply chain management dan e-commerce.

Kelebihan yang sama-sama dimiliki oleh Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Aperti BUMN ini adalah kedekatannya dengan industri, yang memungkinkan anggotanya berkolaborasi untuk mengimplementasikan konsep Triple Helix (Academic, Business, and Government).

Cakupan beasiswa dan cara daftar

Ketua Aperti BUMN yang juga merupakan Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan bahwa beasiswa ini diberikan kepada lulusan SMA/K tahun 2021 atau tahun 2022 yang berminat mengikuti perkuliahan jenjang S1/Diploma pada salah satu dari delapan perguruan tinggi di bawah APERTI BUMN.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di 4 Kampus Singapura, Potongan Uang Kuliah hingga 100 Persen

Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa penuh 100 persen selama masa studi di perguruan tinggi yang dipilihnya.

“Tahun ini kami (APERTI BUMN) akan memberikan kepada 40 mahasiswa baru yang terpilih, dan akan memperoleh beasiswa full 100 persen selama masa studi di universitas yang dipilihnya. Dalam proses pendaftaran sudah dimulai sejak 11 Juni 2022, di mana proses seleksi mencakup seleksi akademik (termasuk mengajukan nilai rapor) dan wawancara secara online,” Jelasnya seperti dilansir dari laman Telkom University.

Berikut merupakan persyaratan untuk mendaftar program beasiswa APERTI BUMN 2022:

  1. Siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2021 dan 2022
  2. Melampirkan nilai rapor semester 1 sampai 5
  3. Melampirkan sertifikat jika ada
  4. Berkas pendaftaran diunggah secara online pada website perguruan tinggi yang dipilih
  5. Peserta hanya boleh memilih satu (1) tujuan perguruan tinggi

Pendaftaran beasiswa APERTI BUMN telah dimulai sejak 11 Juni 2022 sampai 25 Juli 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.