Kompas.com - 29/06/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Madrasah binaan Kementerian Agama (Kemenag) terus berkembang dan berdaya saing, baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Salah satunya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 13 yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Setiap tahun, ratusan lulusannya diterima kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Kepala MAN 13, Herawati mengatakan bahwa banyak siswanya yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Herawati menyampaikan bahwa MAN 13 pada tiga tahun terakhir menjadi madrasah yang terbanyak siswanya diterima di kampus-kampus besar di Indonesia.

Baca juga: Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani, Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada

Misalnya, pada tahun ajaran 2020/2021, sebanyak 255 siswa diterima di PTN dan PTKIN dari 265 siswa yang lulus atau sekitar 96,22 persen.

“Dari sisi akademik, kita punya brand, dengan banyaknya siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) besar di Indonesia,” ujar Herawati dilansir dari laman Kemenag.

“Pada tahun ajaran 2021/2022 dari 305 siswa yang lulus, sebanyak 202 siswa kita diterima di PTN dan PTKIN, seperti UI, ITB, UGM, Brawijaya dan lainnya,” tanbah Herawati.

Capaian ini membuat MAN 13 Jakarta mendapat sejumlah predikat.

“Alhamdulillah MAN 13 mendapat berkah SK dari Direktorat Jenderal Pendis sebagai madrasah akademik, madrasah research, dan madrasah keterampilan/vokasi,” imbuhnya.

Herawati menjelaskan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta bercikal bakal pada tahun 1996. Pada awal tahun pelajaran 1997-1998, madrasah ini mulai beroperasi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.