Kompas.com - 28/06/2022, 10:51 WIB
|

KOMPAS.com - Guna meningkatkan kesejahteraan petani di RT 38 Kelurahan Manggar, Kecamatan Manggar, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) memberikan pendampingan.

Melalui Program KKN, ITK melaksanakan serangkaian kegiatan yang meliputi pelatihan dan pendampingan budidaya hidroponik, membangun rumah hidroponik, pelatihan foto produk, dan pelatihan digital marketing.

Melansir laman resmi ITK, Selasa (28/6/2022), tim KKN Kelompok 1C ITK ini melaksanakan program KKN itu selama 4 bulan, yakni mulai Maret sampai Juni 2022.

Baca juga: Peneliti ITK Beberkan Tipe Letusan Gunung Api Bromo

Adapun semua pelatihan dilaksanakan tidak hanya paparan materi tetapi juga diskusi, dan praktik.

Masih pakai metode tanam konvensional

Menurut dosen pembimbing Winarni, S.Si., M.Si., di RT itu terdapat 93 KK dan 115 rumah dengan total penduduk 411 jiwa yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani dan pelaku UMKM.

"Petani setempat masih menggunakan metode tanam konvensional pada lahan yang telah tersedia. Pada saat curah hujan tinggi berpotensi mengalami gagal panen, karena daerah tersebut rawan banjir," ujarnya dikutip dari laman ITK.

Selain itu, pelaku UMKM di RT 38 juga sering terkendala dalam pemasaran produk hasil usahanya.

Oleh karena itu, berdasarkan hasil wawancara dan observasi lapangan bahwa warga RT 38 mengalami masalah-masalah tersebut, maka kelompok KKN ITK 1C melaksanaakan KKN dengan topik Pemanfaatan Budidaya Tanaman Hidroponik dan Digital Marketing di RT Kelurahan Manggar Kota Balikpapan.

Baca juga: Mahasiswa KKN ITK Inovasi Hidroponik NFT Bertenaga Listrik Panel Surya

Adapun tim KKN itu beranggotakan mahasiswa yakni Tsani, Tarissa (Prodi Matematika), Aldi, Fikri Al Ichsan, Jamal, Riggina (Prodi Informatika), serta Haira dan Arifin (Prodi Sistem Informasi).

Tentunya, dengan metode tanam hidroponik, maka kegagalan panen akibat banjir bisa diminimalisir.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.