Kompas.com - 27/06/2022, 10:21 WIB
|

KOMPAS.com - Data dari Puslitdatin BNN 2022 melaporkan data prevalensi penyalahgunaan narkoba di Indonesia mengalami peningkatan.

Angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Indonesia 2019 yaitu 1,80 persen dan meningkat menjadi 1,95 persen pada 2021.

Resiko perempuan terpapar narkoba setahun terakhir juga mengalami peningkatan dari 0,20 persen pada 2019 menjadi 1,21 persen pada 2021.

Baca juga: Siswa! Yuk Jauhi Narkoba, Ini Bahayanya bagi Tubuhmu

Selain itu, juga ada peningkatan keterpaparan narkoba pada kelompok umur 15-24 tahun dan 50-64 tahun di pedesaan.

Terkait Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diperingati setiap 26 Juni, Dosen FMIPA Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si., memberikan tanggapan.

Menurutnya, sebagaimana tema yang diusung HANI tahun ini yakni 'Addressing Drug Challenges in Health and Humanitarian Crises', narkoba merupakan musuh bagi keberlangsungan hidup manusia. Narkoba merupakan musuh bersama dan bagian dari krisis kesehatan dan kemanusiaan itu sendiri.

Tingginya angka penyalahgunaan narkoba di Indonesia, menjadi pekerjaan rumah yang harus diprioritaskan seluruh elemen bangsa.

Tugas pencegahan dan penanganan dari pusat hingga daerah bahkan sampai pedesaan harus terstruktur, menjangkau semua dan seimbang.

"Tugas kita ini bukan untuk memberitahu masyarakat bahaya narkoba, tetapi juga menyentuh kesadarannya. Saya percaya, pengguna narkoba tahu betul bahaya narkoba, tetapi apakah mereka sadar kan tidak," terangnya seperti dikutip dari laman Unesa, Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Akademisi UGM: Pemakai Narkoba Lebih Berisiko Terinfeksi Corona

Ia mengungkapkan, narkoba benar-benar bahaya bagi kesehatan fisik maupun psikis. Yakni bisa menurunkan kesadaran dan kesehatan, gangguan hidup secara umum bahkan sampai kematian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.