Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Broadcasting SMK Muhi Jogja Raih Juara 1 dan 3 Kompetisi Film Pendek

Kompas.com - 18/06/2022, 12:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Meski pandemi dan dalam bulan Ramadhan 2022, siswa dari tim Muhi Broadcasting Class (MBC) SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta tetap berkarya.

Bahkan karya berupa film pendek berjudul "Maafkan Ayah" menjadi juara I pada short movie competition dalam ajang UPY International Festival (Upin Fest) 2022.

Pada festival gelaran Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) tersebut, tim MBC SMK Muhi tersebut juga meraih juara III dengan film pendek yang berjudul "Diantara 3 dan 4".

Baca juga: Apa Keuntungan Siswa SMK Ikut Program D2 Fast Track? Ini Penjelasannya

Muhi Broadcasting Class merupakan project terpadu dari siswa kompetensi keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, yang diterapkan sebagai praktik di luar jam pembelajaran.

Program khusus perlombaan

Menurut Ketua Kompetensi PSPT SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Achmad Khoirul Anam, S.Sos., penghargaan tersebut merupakan hal yang istimewa, pasalnya diproduksi saat bulan Ramadhan dan pertama kalinya sejak era pandemi mulai berakhir.

"Alhamdulillah, ini merupakan kerja keras tim produksi, dimana jurusan kami tidak henti-hentinya melaksanakan project MBC. Ini juga salah satu program kami khusus untuk perlombaan," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (18/6/2022).

Menurutnya, saat pandemi siswa broadcasting tetap melakukan produksi konten siaran televisi maupun produksi film.

Baca juga: Siswa, Ini Bahan Alami Menghilangkan Jerawat

Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sesuai petunjuk Dirjen Vokasi Kemendibud Ristek RI. Bahkan saat pandemi ini sempat meraih kejuaraan.

Dijelaskan, PSPT SMK Muhammadiyah menerapkan pembelajaran softskill dan hardskill di luar pembelajaran.

Terdapat tiga project yang harus dilaksanakan oleh siswa Broadcasting, diantaranya:

  • proyek kelas per semester
  • proyek program siaran atau konten platform Youtube sekolah KMUHITV
  • proyek Muhi Broadcasting Class yang memfokuskan perlombaan baik lokal maupun nasional

Isi cerita dua film pendek SMK Muhi

Anam, sapaan Achmad Khoirul Anam menjelaskan tentang Film pendek berjudul "Maafkan Ayah". Adapun film ini menceritakan seorang anak bernama Laras yang hobi menggambar, namun ayahnya tidak menyetujuinya dan meminta Laras untuk masuk ke kampus jurusan kedokteran.

Ayah Laras sangat bangga jika anaknya menjadi seorang dokter, meskipun Laras akhirnya tidak bisa menggapai impiannya.

Sedangkan film pendek berjudul "Diantara 3 dan 4" menceritakan tentang di sebuah kelas yang siswanya memiliki perbedaan pendapat yang menyebabkan rusaknya persahabatan.

Adapun karya berjudul "Maafkan Ayah" itu dibuat oleh tim yang didominasi kelas XII Broadcasting. Sementara film pendek berjudul "Diantara 3 dan 4" adalah karya dari tim kelas X Broadcasting SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Baca juga: Dana KJP Plus Tahap I Juni 2022 Cair, Buruan Cek

Penyerahan piala penghargaan digelar di Auditorium Universitas PGRI Yogyakarta, Kamis (26/5/2022) malam.

Sebelumnya, para finalis yang berhasil lolos sepuluh besar, mempresentasikan karya film pendeknya di hadapan juri dari sejumlah praktisi film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com