Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Mahasiswa Kalbis Institute Raih Medali Emas di Ajang WYIE 2022

Kompas.com - 15/06/2022, 17:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tiga mahasiswa Kalbis Institute meraih prestasi di ajang World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022 "The 33rd International Invention, Innovation and Technology Exhibition" pada tanggal 25-27 Mei di Kuala Lumpur, Malaysia.

Mewakili Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himan) Fakultas Bisnis dan Komunikasi Kalbis Institute, Saviour Carsten (Manajemen 2021), Vincent Louis Gunawan (Manajemen 2019), Michael Supriady Hutapea (Manajemen 2019) berhasil meraih medali emas dan WIIPA Special Award.

Tim Kalbis Institute dibimbing oleh Anjar Dwi Astono (Ketua Prodi Manajemen Kalbis Institute) dan Ryan Johan Sembiring (Dosen Manajemen Kalbis Institute).

Sebagai informasi, WYIE 2022 diikuti lebih dari 12 negara, di antaranya: Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Saudi Arabia, Korea, Qatar, Jerman, Kuwait, Oman, Hongkong, dan Amerika Serikat.

Pada WYIE kegiatan terbagi dalam klasifikasi bidang pertanian, otomasi, bioteknologi, pendidikan, lingkungan, desain Industri, multimedia, games, dan olahraga.

Ketiga mahasiswa Kalbis Institute mengusung inovasi Car Security IoT atau CSI.

Karya ini didasari oleh dari banyak munculnya kejadian pencurian kendaraan sehingga karya yang dirancang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada kendaraan agar tidak tercuri bahkan dari luar negeri sekalipun.

Alat yang dirancang berbasis IoT atau Internet of Things tersebut, menjadi penemuan baru yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Keunikan karya yang dirancang terletak penggunaan alat yang tidak membutuhkan kartu SIM dan juga bluetooth, namun mengandalkan jaringan internet murni. 

Solusi lewat perkembangan teknologi

“Proses yang baik dimulai dari persiapan yang baik pula, butuh 3 bulan persiapan bagi mahasiswa agar siap bertanding mengikuti kegiatan ini," ungkap Anjar Dwi Astono salah satu dosen pembimbing tim mahasiswa melalui rilis resmi (15/6/2022).

Baca juga: Cerita Genada, Raih Juara 1 di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Unair

Ia berharap, prestasi yang diperoleh tiga mahasiswa prodi Manajemen Kalbis Institute di ajang WYIE 2022 ini dapat menjadi salah motivasi mahasiswa untuk dapat berkarya dan berprestasi di kancah internasional,.

"Dan paling terutama dapat menjadi generasi muda yang mampu menciptakan solusi berdampak di tengah perkembangan teknologi yang pesat," tambah Anjar.

Salam kesempatan sama, Budi Kurniawan, Wakil Rektor III bidang Admisi dan Pengembangan Kalbis Institute menyampaikan, capaian prestasi mahasiswa selalu menjadi prioritas Kalbis Institute dalam melakukan transformasi hati dan intelektual.

"Dengan memenangkan medali emas di ajang ini, para mahasiswa ini sudah menunjukkan bahwa mereka tidak hanya berprestasi di lingkungan kampus saja tetapi juga di level internasional," ungkapnya.

Lebih jauh Budi Kurniawan menyampaikan, pihaknya tidak akan berpuas diri dan akan terus mendorong civitas akademica Kalbis Institute untuk terus berprestasi banyak ajang kompetisi baik nasional maupun internasional.

Mahasiswa Kalbis Institute yang lain juga kembali meraih prestasi. Randy Liaw mahasiswa program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2021 memenangkan juara pertama kompetisi konten Reels kegiatan Waisak Puja 2566 B.E/2022.

Kompetisi ini diadakan dalam rangka perayaan hari Waisak 2566 B.E/2022 yang diselenggarakan KMBD Binus University Malang, Bandung, dan Bekasi.

Adapun tema pada kompetisi ini adalah "Expression of Buddhism" yang mengajak peserta untuk membuat konten Reels yang berkaitan dengan penyampaian ilmu-ilmu Buddhis dengan berbagai bentuk konten.

Adapun konten yang disampaikan Randy berkaitan dengan bagaimana cara untuk bisa melepaskan diri dari penderitaan dengan mengembangkan Panna, Sila, dan Samadhi dengan sungguh-sungguh.

Baca juga: Segini Kisaran Biaya Hidup dan Kos Mahasiswa di Yogyakarta

"Melalui berbagai kompetisi nasional dan internasional ini, diharapkan mahasiswa Kalbis Institute tidak hanya membudayakan kreativitas namun juga menumbuhkan potensi dalam bidang keagamaan sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan yang diajarkan pada masing-masing Unit Kegiatan Rohani di Kalbis Institute," pungkas Budi Kuriniawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com