Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2022, 15:53 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali mengukuhkan 3 guru besar baru pada Jumat (10/6/2022).

Ketiganya adalah Prof. Kardoyo (Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi), Prof. Widi Astuti (Guru Besar bidang Ilmu Teknik Kimia), dan Prof. Woro Sumarni (Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan IPA).

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2021-2023

"Kita kembali mengukuhkan 3 profesor. Ibarat petani, hari ini kita sedang Bahagia karena memasuki musim panen profesor dan doktor. Musim panen ini sungguh menggembirakan karena selain jumlahnya besar, hasil panen yang kita peroleh juga berkualitas tinggi," ucap Rektor Unnes, Prof. Fathur Rokhman, seperti melansir laman Unnes.

Prof. Fathur menyampaikan, para profesor adalah pilar kokoh yang akan mendukung semakin kokohnya Unnes sebagai rumah ilmu pengembang peradaban unggul.

Dengan kepakaran dan inovasinya, sebut dia, mereka (para guru besar) akan mengibarkan reputasi Unnes hingga menjadi kampus yang dicita-citakan.

Yaitu, menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Lalu Prof. Fathur mengaku, gagasan tentang mentalitas pelopor para profesor yang dengan ilmu dan kepakarannya dapat menggerakkan orang lain mencapai kemajuan bersama.

Baca juga: 3 PTS Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2023, Bisa Jadi Pilihan Kamu

Prof. Fathur menyebutkan, jiwa kepeloporan ditandai dengan 3 kemampuan dasar, yaitu:

1. Kepemimpinan.

2. Arsitek organisasi

3. Kepekaan untuk memahami dan menyelesaikan persoalan konkret di masyarakat.

Pada saat pengukuhan guru besar, Prof. Kardoyo membawakan orasi ilmiah berjudul "Model Kualitas Pelayanan: Penggerak Kepuasan Pelanggan Pendidikan".

Prof. Widi Astuti menyampaikan orasi ilmiah dengan judul "Adsorpsi dalam Pengelolaan Limbah Cair Industri".

Sementara Prof. Woro Sumarni memaparkan orasi ilmiah dengan judul "PJBL-Etno-STEM: Inovasi Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 dan Karakter Konservasi Mahasiswa".

Belum lama ini, Unnes juga mengukuhkan 3 guru besar baru. Mereka adalah Prof. Juhadi sebagai Guru Besar di Bidang Geografi Lingkungan dan Kebencanaan.

Baca juga: 16 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2023, Nomor 1 UGM

Prof. Asia Kuswardinah sebagai Guru Besar bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Dan Prof. Dewi Selvia sebagai Guru Besar bidang Teknik Kimia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com