Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 03/06/2022, 05:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Hari Kelahiran Pancasila diperingati setiap 1 Juni dan menjadi hari libur nasional. Pancasila menjadi penting bagi bangsa Indonesia, karena Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (1/6/2022), Pancasila sendiri lahir pada 1 Juni 1945 setelah beberapa hari sebelumnya para tokoh bangsa sedang merumuskan dasar negara dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Tak hanya sebagai ideologi, Pancasila juga merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dijadikan sebagai landasan pokok atau fundamental bagi penyelenggaraan pemerintahan negara.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Pentingnya Bela Negara dan Nilai-nilai Pancasila

Namun, kini banyak orang lupa dan hanya menganggap Pancasila itu sebagai simbol saja. Padahal, Pancasila berperan sebagai arah dan juga pandangan hidup bangsa ini.

Maka dari itu, siswa SMP tetap harus mewujudkan Pancasila itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari:

1. Dalam aspek kehidupan beragama

Sila pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Negara juga telah menjamin kebebasan beragama lewat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 29.

Artinya, setiap warga negara Indonesia berhak memeluk dan meyakini kepercayaan yang dianut tanpa perlu diusik dan diganggu.

Selain itu, kita sebagai warga negara Indonesia juga harus menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dalam kehidupan beragama. Jangan sampai kita merasa paling benar hingga justru menyalahkan orang lain yang agamanya berbeda dengan kita.

2. Dalam aspek politik dan hukum

Lembaga negara ini harus sesuai dengan sistem pemerintahan yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Dalam hal hak asasi manusia, demokrasi dan penerapan hukum di Indonesia, Pancasila merupakan standar yang harus jadi patokan dalam melaksanakannya.

Pada sila keempat dan kelima sangatlah berperan dalam aspek politik serta hukum. Segalanya termasuk pemilihan wakil rakyat harus dilaksanakan secara demokratis.

Baca juga: Ini Bunyi dan Arti Lambang Sila Pancasila

Dari segi hukum, seluruh rakyat Indonesia berhak mendapatkan kesempatan dan juga keadilan yang sama. Tidak boleh ada diskriminasi apa pun dalam pelaksanaannya.

3. Dalam aspek ekonomi

Adapun perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi, dengan prinsip:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com