Kompas.com - 06/12/2021, 08:35 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HANDININGIlustrasi
|

KOMPAS.com - Seiring perkembangan teknologi yang makin maju, semua orang harus ingat akan pentingnya moral kebangsaan. Serta menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Terkait hal itu, Dewan Guru Besar (DGB) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan Webinar Pemikiran Bulaksumur pada Sabtu, (4/12/2021).

Pada Webinar Pemikiran Bulaksumur kali ini, DGB UGM mengangkat judul ‘Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara: Redefinisi, Reimajinasi atau Reaktualisasi?’.

Baca juga: Siswa, Ini Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Bidang Ekonomi

Sebagai narasumber, Dekan Fakultas Filsafat UGM periode 2016-2021, Dr. Arqom Kuswanjono, dan Guru Besar Fakultas Filsafat UGM, Prof. Lasiyo.

Kedua filsuf dari UGM tersebut kemudian menekankan pentingnya penguatan nilai moral kebangsaan, dalam hal ini penguatan nilai-nilai Pancasila, dan pentingnya bela negara.

Pancasila harus direalisasikan

Menurut Dr. Arqom Kuswanjono, dalam dunia kontemporer ini saat terjadi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesat, maka penguatan nilai moral justru menjadi hal yang sangat penting.

Sebab, jika perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan tidak dibarengi dengan penguatan nilai moral, maka arah perkembangan tersebut justru dapat menuju kerusakan dan menjatuhkan martabat kemanusiaan.

"Boleh IT maju, boleh ilmu pengetahuan maju dan seterusnya, tetapi jangan sampai lupa pada moral," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM.

"Kalau tidak ada moralitas, maka arah dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menuju kerusakan," imbuh Dr. Arqom.

Baca juga: Jati Diri UGM sebagai Universitas Pancasila Kembali Diingatkan

Dr. Arqom menegaskan bahwa Pancasila sebagai nilai moral bangsa perlu dipraktikkan dan direalisasikan dalam kehidupan. Karena Pancasila itulah maka ilmu pengetahuan kemudian tidak hanya mengacu kepada ilmu kebenaran saja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.