Kompas.com - 04/10/2021, 09:59 WIB
Garuda Pancasila. Blogspot.com / mediavectorGaruda Pancasila.
|

KOMPAS.com - Sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD) siswa sudah dikenalkan dengan Pancasila, termasuk Burung Garuda Pancasila.

Pancasila sebagai landasan dan ideologi bagi bangsa Indonesia tak hanya sebatas identitas dan simbol saja, tetapi mencerminkan makna dan nilai-nilai luhur di dalamnya.

Lambang Pancasila adalah burung Garuda dengan 5 perisai yang melambangkan setiap silanya mulai dari sila ke-1 hingga sila ke-5. Apa saja maknanya?

Baca juga: Arti Lambang Pancasila, Siswa Wajib Paham

Melansir akun Instagram Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Minggu (3/10/2021), di perisai itu memiliki makna atau arti tersendiri.

Arti lambang sila ke 1

Bunyi sila pertama:

Ketuhanan yang Maha Esa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bintang menjadi simbol sila pertama yang menggambarkan sebuah cahaya, seperti cahaya kerohanian yang berasal dari Tuhan kepada setiap manusia.

Arti lambang sila ke 2

Bunyi sila kedua:

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Rantai pada simbol sila kedua terdiri atas mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.