Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Mahasiswa Unej Lolos IISMA 2022, Rasakan Kuliah ke Eropa

Kompas.com - 29/05/2022, 12:19 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberi kesempatan para mahasiswa bisa merasakan pendidikan di kampus top di luar negeri.

Setiap mahasiswa bisa meraih kesempatan itu asal lolos dalam pendaftaran IISMA 2022. Beberapa mahasiswa dari Universitas Jember (Unej) termasuk mahasiswa yang berhasil mengikuti program IISMA 2022.

Ketiga mahasiswa angkatan tahun 2019 yang berhasil lolos program IISMA 2022 adalah Ajeng Gendis Purborini, mahasiswi Program Studi Agrobisnis Fakultas Pertanian ke University of Warsawa Polandia.

Serta dua mahasiswa dari Program Studi Hubungan Internasional FISIP, yakni Rizki Soraya yang akan berangkat ke Palacky University Olomouc Republik Ceko dan M. Abdul Aziz Farhan yang memilih University of Granada di Spanyol sebagai tujuan kuliahnya.

Baca juga: Yuk Intip Tips Jadi Konten Kreator ala Alumnus Unair

Wujudkan impian kuliah di luar negeri

Gendis mengaku sangat bersyukur dan bangga bisa berhasil lolos IISMA 2022. Dia bersyukur karena impian kuliah di luar negeri tercapai, sekaligus bangga bisa membawa nama Universitas Jember.

Dari sekitar 10.000-an mahasiswa dari seluruh Indonesia yang melamar IISMA 2022, namun hanya sepuluh persen saja yang diterima.

Mereka diseleksi berdasarkan prestasi akademik dan non akademik, tugas membuat esai, kemampuan Bahasa Inggris dan tentu saja lulus tes wawancara.

Selanjutnya peserta yang lolos akan mengikuti kuliah selama satu semester di perguruan tinggi di luar negeri yang dipilih.

Program IISMA adalah salah satu program, dalam rangkaian kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

"Alhamdulillah, berkat program IISMA impian saya kuliah di luar negeri bisa terwujud," kata Gendis seperti dikutip dari laman Unej, Sabtu (28/5/2022).

Dia tertarik kuliah di University of Warsawa karena menawarkan mata kuliah yang berkaitan dengan Program Studi Agribisnis yang ditekuni.

Seperti Bisnis Internasional dan mata kuliah Diplomasi di Eropa dan Polandia, serta kuliah lainnya.

"Harapannya saya makin paham bagaimana bisnis internasional pertanian dilakukan dan bagaimana politik kebijakan di bidang pertanian dijalankan di negara-negara Eropa. Selain tentu saja membuka peluang meneruskan kuliah di luar negeri," ungkap Gendis yang dijadwalkan berangkat bulan September mendatang.

Akan kenalkan budaya Indonesia di kampus tujuan

Gendis akan bergabung dengan 25 mahasiswa Indonesia lainnya yang juga telah diterima mengikuti kuliah satu semester di University of Warsawa.

Baca juga: Malnutrisi pada Lansia, Ini Gejalanya Menurut Pakar Undip

Selain mengikuti perkuliahan, Gendis dan kawan-kawan telah mempersiapkan diri untuk memperkenalkan Indonesia dan masing-masing daerah asal di depan khalayak Polandia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com