Kompas.com - 29/05/2022, 12:19 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberi kesempatan para mahasiswa bisa merasakan pendidikan di kampus top di luar negeri.

Setiap mahasiswa bisa meraih kesempatan itu asal lolos dalam pendaftaran IISMA 2022. Beberapa mahasiswa dari Universitas Jember (Unej) termasuk mahasiswa yang berhasil mengikuti program IISMA 2022.

Ketiga mahasiswa angkatan tahun 2019 yang berhasil lolos program IISMA 2022 adalah Ajeng Gendis Purborini, mahasiswi Program Studi Agrobisnis Fakultas Pertanian ke University of Warsawa Polandia.

Serta dua mahasiswa dari Program Studi Hubungan Internasional FISIP, yakni Rizki Soraya yang akan berangkat ke Palacky University Olomouc Republik Ceko dan M. Abdul Aziz Farhan yang memilih University of Granada di Spanyol sebagai tujuan kuliahnya.

Baca juga: Yuk Intip Tips Jadi Konten Kreator ala Alumnus Unair

Wujudkan impian kuliah di luar negeri

Gendis mengaku sangat bersyukur dan bangga bisa berhasil lolos IISMA 2022. Dia bersyukur karena impian kuliah di luar negeri tercapai, sekaligus bangga bisa membawa nama Universitas Jember.

Dari sekitar 10.000-an mahasiswa dari seluruh Indonesia yang melamar IISMA 2022, namun hanya sepuluh persen saja yang diterima.

Mereka diseleksi berdasarkan prestasi akademik dan non akademik, tugas membuat esai, kemampuan Bahasa Inggris dan tentu saja lulus tes wawancara.

Selanjutnya peserta yang lolos akan mengikuti kuliah selama satu semester di perguruan tinggi di luar negeri yang dipilih.

Program IISMA adalah salah satu program, dalam rangkaian kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

"Alhamdulillah, berkat program IISMA impian saya kuliah di luar negeri bisa terwujud," kata Gendis seperti dikutip dari laman Unej, Sabtu (28/5/2022).

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.