Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Kuliah UIN Jakarta, Ini 10 Beasiswa yang Ditawarkan

Kompas.com - 28/05/2022, 12:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Keterbatasan ekonomi tak menghalangi bagi siapa saja untuk mengenyam pendidikan. Bahkan hingga ke perguruan tinggi. Sebab, ada banyak beasiswa yang ditawarkan.

Seperti halnya di UIN Jakarta. Pada tahun akademik 2022/2023 ini, UIN Jakarta menyediakan sejumlah beasiswa pendidikan bagi mahasiswa.

Melansir laman resmi UIN Jakarta, Selasa (24/5/2022), beasiswa diberikan kepada para mahasiswa program S1 dan S2 yang masih aktif.

Baca juga: UIN Jakarta Akan Anugerahi Dr HC untuk Mantan Menag Lukman Hakim

Menurut Kepala Subbagian Kesejahteraan Mahasiswa UIN Jakarta, Rosmayenni, beasiswa yang diberikan berasal dari pemerintah dan swasta, lembaga dan perseorangan.

"Besaran angka beasiswanya bervariasi. Ada yang full semester tapi ada juga sekali bantuan," ujarnya seperti dikutip dari laman UIN Jakarta.

Beasiswa di UIN Jakarta

Jika kamu tertarik kuliah di UIN Jakarta, ini 10 beasiswa di UIN Jakarta:

1. Beasiswa Badan Layanan Umum (BLU) UIN Jakarta

Beasiswa diberikan kepada para mahasiswa yang mendaftar ke Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syari’ah dan Hukum, dan Fakultas Dirasat Islamiyah.

Syarat calon penerima beasiswa adalah lulus seleksi Ujian Mandiri dan hanya mendaftar di beberapa program studi tertentu di masing-masing fakultas.

2. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah

Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memiliki salah satu kartu program bantuan nasional, seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Keluarga Harapan (PKH).

Penerima beasiswa (KIP Kuliah) lain adalah mahasiswa angkatan 2022 yang orang tua/walinya meninggal dunia atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) karena terdampak Covid-19 serta mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dengan uang kuliah tunggal (UKT) level 1, 2, dan 3.

Baca juga: Ini Cara Daftar Jalur Seleksi Mandiri UIN Jakarta

"Mulai tahun ini calon penerima program beasiswa tersebut ditambah untuk para penyandang disabilitas. Beasiswa ini tidak mensyaratkan adanya level UKT 1-3 tapi semua level UKT," kata Rosmayenni.

Dia menambahkan, beasiswa pemegang KIP Kuliah di UIN Jakarta tersedia kuota sebanyak 500 mahasiswa. Kuota tersebar di 12 fakultas dan dengan angka kuota bervariasi di masing-masing program studi.

3. Beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com