Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Perlu Menguasai Excel Sejak Kuliah, Mahasiswa Harus Tahu

Kompas.com - 28/05/2022, 12:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

Sumber DQLab

KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sempat menyebut bahwa dalam dunia kerja, kemampuan menggunakan rumus Excel dibutuhkan untuk mempercepat proses pengolahan data perusahaan.

Itulah mengapa, Microsoft Excel kini sudah menjadi salah satu syarat standar bekerja di berbagai perusahaan, terutama bagi kamu yang ingin berprofesi sebagai praktisi data di industri.

Terlebih di era digitalisasi, excel menjadi "skill" wajib yang dikuasai baik untuk calon praktisi data maupun kandidat yang bekerja dekat dengan data numerik.

Guna membantu kandidat atau pemula yang ingin belajar excel, DQLab memberikan pengalaman belajar Excel yang dikemas dalam acara DQGratis Webinar Excel.

Baca juga: 9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu

Tantut Wahyu, Data Analyst Rupa-rupa yang hadir sebagai pembicara menjelaskan bahwa Microsoft menciptakan excel dengan tujuan untuk (excel)arate artinya unggul dan accelerate artinya cepat.

Sehingga, lanjut dia, kehadiran excel dalam penggunaannya dapat unggul dan cepat terutama ketika kita memecahkan masalah aritmatika sosial.

“Meskipun kita bisa memecahkan masalah angka data menggunakan kalkulator, namun biasanya sering terjadi beberapa angka yang miss. Maka penggunaan excel sangat membantu karena sudah terdapat fungsi-fungsi seperti SUM, SUMIF, SUMIFS, dan fungsi lainnya,” ujar Tantut dalam webinar yang diadakan pekan lalu.

Menurutnya, Excel juga menjadi tools yang fleksibel karena dapat digunakan pada data yang sederhana hingga menemukan jumlah angka data yang banyak sekalipun.

Bahkan, excel memiliki hidden hacks yang berguna terutama bagi kita yang berada di dunia data atau terlepas dari bidang data seperti administrasi.

Baca juga: Google Buka 3.000 Beasiswa IT bagi Lulusan D3-S1 Semua Jurusan

Terdapat beberapa hidden hacks di excel yang dapat digunakan yaitu:

  • Organizational Structure, yaitu dapat membuat struktur organisasi secara cepat
  • Melakukan Data cleansing dengan menggunakan beberapa rumus yang digunakan untuk memilih data-data yang ingin ditampilkan saja
  • Conditional formatting
  • Data validation

"Banyaknya rumus dan fungsi yang ada di excel maka bisa menjadi fondasi untuk dapat mengolah data numerik yang serta fungsi yang tidak ada limitnya," kata Tantut.

Di dalam perusahaan, Excel menjadi tools solusi terutama bagi mereka yang sudah memiliki dataset, kemudian mengolah data hingga melakukan visualisasi dengan membuat dashboard interaktif.

Kondisi atau fungsi-fungsi yang tersedia di Excel sangatlah powerful jika digunakan sesuai dengan data yang kita miliki.

"Dalam dunia profesional, fungsi excel yang penting untuk dikuasai yaitu pertama data cleansing yang didalamnya terdapat beberapa format lainnya. Kemudian menguasai pivot karena untuk mempermudah dan mempercepat pengolahan data kita," ujar Tantut.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Dilihat dari penggunaan excel, kini sudah tidak asing lagi. Sudah semakin banyaknya calon kandidat mempersiapkan skill Excel untuk berkarir di industri.

Salah satu resep belajar secara umum agar bisa mendalami Excel hingga tingkat lebih advance, DQLab membuka Workshop Excel yang terdiri dari beberapa rangkaian belajar yaitu Beginner Level dan Advanced Level.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com