Kompas.com - 27/05/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka menjadi perguruan tinggi dengan raihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak di wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta.

Sebagai informasi, PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan Ditjen Diktiristek pada tahun 2022 di bawah pengelolaan Belmawa.

PKM bertujuan menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kemendikbud Ristek.

Uhamka menyabet delapan bidang PKM 2022, antara lain; Skema Kewirausahaan, Penerapan Iptek, Pengabdian Masyarakat, Riset Eksakta, dan Riset Sosial Humaniora.

Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro mengungkapkan, pencapaian ini merupakan hal yang luar biasa yang dimiliki Uhamka dari hasil kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa.

“Alhamdulillah, kami Uhamka mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud Ristek pada program Kreativitas Mahasiswa. Program ini semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai bentuk inovasi dan kreativitas mahasiswa," ujar Rektor Uhamka melalui rilis resmi (27/5/2022).

"Sebagai tempat lahirnya anak-anak calon pemimpin bangsa, kampus harus terus mendorong kreativitas dan semangat supaya mereka terus berkembang, tumbuh dan besar dengan cara mereka," tambah Prof. Gunawan.

Dalam kesempatan sama Sekretaris Uhamka Emaridial Ulza menambahkan, “Uhamka menjadi kampus terbanyak di wilayah LLDIkti III yang mendapatkan pendanaan yakni ada 12 PKM, dan terbanyak ketiga dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia."

"Dua belas kelompok dari berbagai skema tersebar dari beberapa Fakultas yakni Fisip 1, FT 1, FAI 1, FEB 2, FIKES 3, FKIP 3, dan FFS 1,” jelasnya.

Baca juga: Kisah Mahasiswa Unesa, dari Hobi Desain Jadi Prestasi dan Dapat Cuan

“Kami mengapresiasi kepada segenap stakeholder yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung sehingga 12 kelompok ini dapat diterima oleh Belmawa Kemendikbud Ristek," ujar Emaridial Ulza

"Dan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai bentuk inovasi dan kreativitas mahasiswa,” tutup Ulza.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.