Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uhamka Raih Hibah PKM 2022 Terbanyak di LLDikti Jakarta

Kompas.com - 27/05/2022, 20:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka menjadi perguruan tinggi dengan raihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak di wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta.

Sebagai informasi, PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan Ditjen Diktiristek pada tahun 2022 di bawah pengelolaan Belmawa.

PKM bertujuan menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kemendikbud Ristek.

Uhamka menyabet delapan bidang PKM 2022, antara lain; Skema Kewirausahaan, Penerapan Iptek, Pengabdian Masyarakat, Riset Eksakta, dan Riset Sosial Humaniora.

Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro mengungkapkan, pencapaian ini merupakan hal yang luar biasa yang dimiliki Uhamka dari hasil kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa.

“Alhamdulillah, kami Uhamka mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud Ristek pada program Kreativitas Mahasiswa. Program ini semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai bentuk inovasi dan kreativitas mahasiswa," ujar Rektor Uhamka melalui rilis resmi (27/5/2022).

"Sebagai tempat lahirnya anak-anak calon pemimpin bangsa, kampus harus terus mendorong kreativitas dan semangat supaya mereka terus berkembang, tumbuh dan besar dengan cara mereka," tambah Prof. Gunawan.

Dalam kesempatan sama Sekretaris Uhamka Emaridial Ulza menambahkan, “Uhamka menjadi kampus terbanyak di wilayah LLDIkti III yang mendapatkan pendanaan yakni ada 12 PKM, dan terbanyak ketiga dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia."

"Dua belas kelompok dari berbagai skema tersebar dari beberapa Fakultas yakni Fisip 1, FT 1, FAI 1, FEB 2, FIKES 3, FKIP 3, dan FFS 1,” jelasnya.

Baca juga: Kisah Mahasiswa Unesa, dari Hobi Desain Jadi Prestasi dan Dapat Cuan

“Kami mengapresiasi kepada segenap stakeholder yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung sehingga 12 kelompok ini dapat diterima oleh Belmawa Kemendikbud Ristek," ujar Emaridial Ulza

"Dan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai bentuk inovasi dan kreativitas mahasiswa,” tutup Ulza.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com