Kompas.com - 22/05/2022, 16:03 WIB
|

KOMPAS.com - Meski dalam keterbatasan, tetapi tak menghalangi niat beberapa calon mahasiswa yang ikut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Hal itu terlihat pada Kamis (19/5/2022) pagi di Gedung IDB Fakultas Ekonomi UNY tidak terlihat keramaian seperti biasanya.

Hanya terdapat 6 calon mahasiswa tunanetra yang mengikuti tes UTBK SBMPTN 2022 di gedung yang disediakan UNY sebagai lokasi tes siswa berkebutuhan khusus.

Baca juga: Ternyata Ini Peran Pendamping Peserta Disabilitas UTBK 2022 di Unesa

Melansir laman UNY, salah satu peserta UTBK 2022 yakni Kuswantoro coba ingin masuk PTS melalui jalur UTBK di UNY. Siswa MAN 2 Sleman tersebut merupakan peserta UTBK 2022 hari ketiga dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kelak ingin bekerja di SLB

Kuswantoro memilih prodi Pendidikan Luar Biasa FIP UNY sebagai tujuan kuliahnya. Meskipun memiliki keterbatasan penglihatan namun putra pasangan Tamsir dan Warni tersebut tetap tidak patah semangat menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Cita-cita yang ingin diraihnya adalah ingin mendarmabaktikan ilmu yang dimilikinya pada siswa sekolah luar biasa.

Warga Pemalang itu juga menempuh berbagai usaha untuk dapat lolos SBMPTN diantaranya mengerjakan soal-soal di Quipper. Kuswantoro berpesan pada siswa yang akan menempuh studi lanjut agar tidak mudah menyerah, apalagi yang tidak berkebutuhan khusus.

"Kami yang punya keterbatasan pun masih terus bersemangat kok," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi UNY.

Baca juga: Ini Lho 3 Perusahaan Ternama yang Butuh Lulusan SMA

Menurut Penanggungjawab Lokasi (PJL) Ruang Laboratorium IDB FE UNY Satya Perdana, MA., komputer yang digunakan mengerjakan soal UTBK calon mahasiswa berkebutuhan khusus ini mempunyai spesifikasi tersendiri termasuk adanya fasilitas voice command, software dan audio yang mendukung.

"Bagi para tunanetra yang melakukan tes UNY kami sediakan pendamping masing-masih satu orang per calon mahasiswa yang diambil dari prodi Pendidikan Luar Biasa FIP," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.