Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Kenali Negara dengan Pulau Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

Kompas.com - 22/05/2022, 14:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bumi ini terdiri dari beberapa daratan yang sangat luas atau biasa disebut benua.

Selain benua, ada juga daratan kecil yang disebut dengan pulau. Sebagai siswa, perlu tahu bahwa pulau terbesar di dunia adalah Greenland.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pulau cukup banyak. Namun selain Indonesia, ada beberapa negara lain memiliki gugusan pulau yang lebih banyak lho.

Melansir dari laman Kelas Pintar, Minggu (22/5/2022), menjelaskan 7 negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Mau tahu negara mana saja? Simak bersama ulasan berikut ini.

Baca juga: Intip 5 Jurusan Kuliah Paling Santai

Negara dengan pulau terbanyak di dunia

1. Swedia

Tahukah kamu bahwa jumlah pulau yang dimiliki Swedia mencapai 221.831 pulau. Swedia menduduki posisi pertama negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

Kepulauan Stockholm hampir memiliki 20.000 pulau, baik itu pulau kecil dan bebatuan yang terletak antara Öregrund di utara dan Landsort di selatan.

Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 24.000 pulau yang terbuka untuk umum atas kebijakan Hak Akses Publik Swedia. 

Baca juga: PPDB SMP Kota Yogyakarta 2022: Catat Jadwal dan Kuota Tiap Jalur

2. Norwegia

Norwegia terkenal sebagai negara dengan jumlah pulau yang mencapai ratusan ribu. Total pulau yang dimiliki Norwegia sebanyak 239.057 pulau. Salah satu pulau yang paling terkenal adalah Kepulauan Lofoten yang bertebaran di Laut Norwegia, di atas Lingkaran Arktik.

3. Finlandia

Finlandia terdiri dari sejumlah besar pulau berbatu di lepas pantainya, dengan jumlah total pulau sebanyak 178.947. Pulau-pulau ini paling banyak ditemukan di wilayah Kepulauan Finlandia membentang dari pantai barat daya negara itu ke Laut Baltik.

Kepulauan Finlandia termasuk Kepulauan Aland, di pintu masuk ke Teluk Bothnia.

4. Kanada 

Berpindah ke benua Amerika, Kanada memiliki jumlah pulau sebanyak 52.455. Sebagai negara terbesar kedua berdasarkan luas daratan, dengan hanya di bawah 3.860.000 mil persegi (10 juta km persegi), ribuan pulau milik Kanada berada di Samudra Arktik, Pasifik dan Atlantik, yang membantu mempertanggungjawabkan statusnya sebagai negara dengan wilayah terpanjang.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 di Thailand, Bisa Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com