Kompas.com - 14/05/2022, 12:17 WIB
Para peserta mengikuti upacara peringatan Hardiknas 2022. Dok. Kemendikbud RistekPara peserta mengikuti upacara peringatan Hardiknas 2022.
|

KOMPAS.com – Momentum perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) disambut antusias para insan pendidikan di berbagai wilayah tanah air.

Upacara bendera memperingati Hardiknas berlangsung secara daring dan luring terbatas juga mendapat respons positif dari para pemuda yang berpartisipasi dalam upacara Hardiknas di Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Jakarta.

Hardiknas 2022 mengangkat tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar". Tema ini mendapat sejumlah pendapat dari para siswa dan mahasiswa yang mengikuti upacara peringatan Hardiknas 2022.

Baca juga: BPK Penabur Jakarta Buka Lowongan Kerja Guru dan Staf bagi S1/S2

Program Merdeka Belajar menurut para generasi muda

Muhammad Fadhil, siswa Kelas 2 dari SMAN 70 Jakarta menilai, peringatan Hardiknas, sebagai sebuah momentum yang bagus untuk berefleksi dan membenahi kebijakan pendidikan agar semakin baik di masa depan, tak terkecuali Merdeka Belajar.

"Merdeka Belajar membuat siswa-siswa menjadi lebih termotivasi dalam pembelajaran. Sistem pendidikan yang semakin baik akan sangat berguna bagi kemajuan bangsa," katanya saat ikut upacara Hardiknas di halaman kantor Kemendikbud Ristek, Jumat (13/5/2022).

Siswa kelas 2 SMPN 115 Jakarta Andi Salman Najafy menyebut, kebijakan Merdeka Belajar menjadikan peserta didik sebagai insan yang cerdas, berkarakter, berakhlak mulia, dan berprestasi.

"Saya harap, pendidikan di Indonesia semakin maju, siswanya semakin cerdas dan tenaga pendidik semakin kreatif," tambahnya.

Sementara itu Jehosua Willhelmus Ebenhaezer Abolla, siswa SMKN 2 Cibinong, berpendapat bahwa Hardiknas bukan hanya sekadar perayaan tahunan yang melibatkan seluruh ekosistem pendidikan.

Baca juga: Dosen UNS Beri Tips Cegah Penyakit Metabolik Usai Lebaran

Sebuah kemajuan di dunia pendidikan Indonesia

Tetapi juga momentum untuk bersyukur atas kemajuan yang terjadi di dunia pendidikan dan kebudayaan.

Ia mengatakan, dengan berbagai sarana dan prasarana yang tersedia saat ini, tidak ada alasan bagi generasi muda untuk bermalas-malasan dalam menuntut ilmu.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.