Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2022, 10:06 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Mikrobiologi ITB angkatan 2018, Zahra Shofia Hanin tetap membuktikan hasil perkuliahan yang baik dengan banyak prestasi dan pengalaman. Meski kesibukan akademis dan non akademis selalu dijalankannya tiap hari.

Perjalanan Zahra dalam mengeksplorasi diri dimulai sejak dirinya diterima di SITH-S ITB melalui jalur undangan dan memilih prodi Mikrobiologi.

Baca juga: Tahun Ajaran 2022/2023, Unpad Gelar 40 Persen Perkuliahan di Kampus

Baginya, setiap orang dan tempat baru yang ditemui adalah sekolah tempat belajar dan berkembang.

Seringnya bertukar pikiran dan berbincang membuatnya sadar, bahwa dirinya sangat suka berkomunikasi dengan orang lain.

Dengan minatnya ini, dia mulai merealisasikannya dengan menjadi MC (pembawa acara) pada berbagai macam acara yang diselenggarakan oleh organisasi yang diikutinya.

Mulai dari MC TPB Cup, ITB Football League, Forum Silaturahmi kabinet KM ITB, dan MC di setiap acara HIMAMIKRO "Archaea" ITB.

Pada tahun 2021, Zahra mendapatkan tawaran casting film Sisterlillah The Movie dari Oki Setiana Dewi, salah satu artis ternama di tanah air.

Setelah menjalani casting selama satu minggu, bersamaan dengan kesibukan perkuliahan, Zahra berhasil mendapatkan juara 1 sebagai pemeran Asisten Ria Ricis dan terjun untuk shooting film selama satu bulan di Jakarta.

Selain itu, sepanjang 2021, Zahra terus mengembangkan dirinya hingga mendapatkan tawaran menjadi model fashion, content creator, dan live streaming di beberapa fashion brand untuk mempertajam skill komunikasinya.

Bahkan, dia pernah beberapa kali melakukan live bersama artis ternama, seperti Oki Setiana Dewi, Ria Ricis, dan Ricky Harun.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: PTM Terus Jalan di Tengah Ada Kasus Hepatitis Akut

Berpetualang di dunia entertainment, Zahra tetap melakukan kewajibannya sebagai mahasiswa. Zahra tetap mampu memperoleh angka IP sebesar 3,81 dari skala 4,00.

"Semua ini memang membutuhkan usaha, doa, dan pengorbanan dalam beberapa hal," kata dia melansir laman ITB, Sabtu (14/5/2022).

Saat ini, Zahra tercatat menjadi Ketua Bidang Eksternal dan Keilmuan HIMAMIKRO "Archaea" ITB 2021/2022, Direktur Jenderal Relasi Kementrian Olahraga dan Kesehatan Kabinet KM ITB 2021, Kepala Divisi Intra Kampus Parade Wisuda Oktober ITB 2020, dan Wakil Kepala Bidang Relasi OSKM ITB 2020.

Di bidang akademik, Zahra juga menjadi asisten praktikum beberapa mata kuliah di Laboratorium Mikrobiologi.

Pada Juli 2021, Zahra dinobatkan sebagai salah satu pemenang Indofood Riset Nugraha yang mengangkat topik penelitian Tugas Akhir tentang makanan lokal Kalimantan Timur, Mandai Cempedak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com