Kompas.com - 14/05/2022, 08:17 WIB

 

KOMPAS.com - Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran atau SMUP Program Sarjana Jalur Mandiri sudah dibuka hingga 27 Juni 2022.

Seleksi ini, dapat diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang lulus pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas di tahun 2020, 2021 dan 2022, dengan tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNMPTN ataupun SBMPTN.

Dilansir dari laman Unpad, peserta SMUP Program Sarjana Jalur Mandiri dapat mendaftar dengan mengikuti ketentuan sebagai berikut:

1. Pendaftar hanya dapat memilih salah satu dari dua skema pendaftaran dan seleksi, yaitu:

  • Skema 1 : Peserta menggunakan nilai UTBK 2022
  • Skema 2 : Peserta menggunakan nilai SMUP (untuk siswa lulusan tahun 2020, 2021, 2022).

2. Materi Ujian SMUP berupa Ujian Tes Kemampuan Belajar (TKB) yang akan dilakukan secara online.

Baca juga: Daftar Jalur Mandiri ITS 2022: S1, Vokasi, hingga S2

3. Pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dengan ketentuan:

  • Peserta yang menggunakan nilai UTBK kelompok Saintek/Sosum hanya bisa memilih dua Program Studi dari kelompok Saintek atau Sosum sesuai dengan kelompok ujian UTBK yang telah dimiliki.
  • Peserta yang menggunakan nilai UTBK Campuran (IPC) bisa memilih dua Program Studi lintas kelompok ilmu dari kelompok Saintek dan Sosum.
  • Peserta yang menggunakan nilai SMUP bisa memilih dua Program Studi dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda (satu Saintek dan satu Sosum).
  • Peserta yang akan memilih program studi yang berbeda dengan kelompok ujian UTBK yang telah diikuti, diharuskan untuk mengikuti ujian SMUP.
  • Peserta lulusan tahun 2020, 2021 dan 2022 dari Jurusan IPA atau IPS yang mengambil ujian SMUP, bebas memilih program studi sesuai minatnya (bisa lintas jurusan atau kelompok ilmu).

4. Daya tampung untuk Sarjana jalur mandiri berkisar 40–50 persen dari daya tampung Program Studi yang tercantum di laman LTMPT (https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/).

5. Kriteria seleksi berdasarkan nilai UTBK atau ujian SMUP.

6. Kriteria kelulusan berdasarkan skor tertinggi nilai UTBK atau ujian SMUP sesuai kuota.

Baca juga: 7 PTN dan PTS Ini Sedang Membuka Jalur Mandiri 2022

7. Ujian SMUP Sarjana jalur mandiri akan dilaksanakan secara daring yang dapat diikuti dari rumah masing-masing peserta pada 7 Juli 2022.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.