Kompas.com - 11/05/2022, 12:36 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memastikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) tetap berjalan di tengah adanya kasus hepatitis akut.

Menurut Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud Ristek Jumeri, keputusan itu setelah adanya koordinasi antara Kemendikbud Ristek dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Beasiswa Pendidikan Indonesia, Cek di Sini

"Hasil dari koordinasi kami dengan Dirjen Pencegahan Pencegahan Penyakit Kemenkes, mereka kasih lampu hijau untuk PTM tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang baik," ucap Jumeri kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Dia mengaku, saat ini hanya aturan SKB 4 Menteri yang masih menjadi acuan proses belajar dan mengajar di sekolah.

Dia menyebutkan, tak ada antisipasi khusus yang diterapkan di sekolah saat adanya kasus hepatitis akut.

"Jadi untuk panduan bagi sekolah dalam melaksanakan PTM ada di SKB 4 Menteri, aturan itu yang akan memandu proses belajar dan mengajar," jelas dia.

Hanya saja, Kemenkes sudah memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) di daerah agar mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan.

"Itu kita kuatkan imbauan itu agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan di tengah penyebaran virus hepatitis akut," tegas Jumeri.

Baca juga: Pakar UGM: Arus Mudik 2022 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi telah mengatakan, jumlah pasien yang meninggal akibat hepatitis akut dilaporkan bertambah dari tiga orang menjadi lima orang.

Nadia mengatakan, lima pasien meninggal dunia ini dilaporkan di DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.