Kompas.com - 09/05/2022, 07:17 WIB
|

KOMPAS.com - Dalam pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022, calon mahasiswa akan mengikuti tes di Pusat UTBK terdekat dengan domisilinya.

Salah satu Pusat UTBK yang berada di area Jawa Timur ada di Universitas Jember (Unej). Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang ditunjuk sebagai Pusat UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Unej terus berbenah mempersiapkan diri.

Dalam rapat koordinasi, persiapan UTBK SBMPTN di Pusat UTBK Universitas Jember sudah mencapai 70 persen.

Baca juga: Siswa, Yuk Intip 7 Negara yang Punya Waktu Siang Terpanjang

Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni yang juga Ketua Pusat UTBK Universitas Jember, Prof. Slamin mengatakan, UPT TIK Universitas Jember bersama Pusat UTBK se-Indonesia telah melakukan uji coba server dan kestabilan jaringan internet.

"Hasilnya memuaskan, tidak ada masalah. Namun sebagai tindakan antisipasi, panitia akan selalu berkoordinasi dengan semua pihak yang terlibat seperti PT Telkom dan PLN Jember agar jalannya UTBK lancar," terang Prof. Slamin seperti dikutip dari laman Unej, Minggu (8/5/2022).

Menurut Prof. Slamin, koordinasi juga sudah dilakukan dengan pemerintah Kabupaten Jember terkait antisipasi penanggulangan penyebaran Covid-19 mengingat akan ada 13.826 peserta UTBK dari berbagai kota di kampus Tegalboto.

Persiapan yang dilakukan Pusat UTBK Unej

Guru besar di bidang Teori Graph ini menambahkan, tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan pengawas serta kebutuhan panitia dan peserta UTBK, antara lain:

1. Jumlah pengawas sesuai dengan Petunjuk Operasional Baku (POB) yang ditentukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

2. Petunjuk lokasi UTBK

Baca juga: 6 Tips Belajar Persiapan UTBK 2022, Calon Mahasiswa Yuk Coba

3. Prosedur pemeriksaan bagi peserta UTBK untuk menghindari joki.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.