Kompas.com - 06/05/2022, 15:11 WIB
|

KOMPAS.com - Libur Lebaran 2022 hampir usai. Namun bagi siswa atau peserta didik masih ada libur Lebaran. Khususnya di wilayah Jawa Barat (Jabar), siswa masuk sekolah pada Kamis (12/5/2022).

Siswa atau peserta didik yang masuk ke sekolah itu ialah bagi setiap jenjang satuan pendidikan, baik formal maupun non-formal.

Ini berdasarkan Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Nomor 7662/PK.02.01.05/ PSMA Tanggal 14 Juni 2021 tentang Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2021/2022.

Baca juga: 5 Masjid Terunik di Indonesia, Bisa Buat Studi Religi Pelajar

Tentu sebagai Acuan Teknis Kegiatan Pembelajaran di Satuan Pendidikan bahwa Libur Idul Fitri bagi Peserta didik 25 April - 10 Mei 2022.

Antisipasi menghindari kemacetan arus balik

Melansir laman Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kamis (5/5/2022), sehubungan dengan rencana masuk sekolah setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tersebut, Kadisdik Jawa Barat, Dedi Supandi memberikan penjelasan.

Bahwa hal ini sesuai imbauan Presiden Republik Indonesia serta arahan Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

Sebagai bentuk antisipasi menghindari kemacetan arus lalu lintas dan puncak arus balik libur Idul Fitri.

Namun, lain halnya dengan para guru dan tenaga kependidikan lainnya. Mereka masuk kerja kembali pada Senin (9/5/2022).

Hal ini sesuai SE Gubernur No. 53/OT.03/Org tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, dengan pengaturan skema WFH dan WFO disesuaikan kebutuhan masing-masing.

"Adapun agenda lain yang sudah terjadwalkan sebelumnya, dapat menyesuaikan dengan kebutuhan di satuan pendidikan masing-masing," ujar Dedi Supandi.

Baca juga: Cara Ajarkan Anak Usia Dini Belajar Matematika

Sedangkan untuk teknis pelaksanaan agar melakukan pelaporan kepada kepala daerah serta berkoordinasi dengan perangkat daerah atau dinas lain terkait di wilayah masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.