Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri BUMN: Universitas Berperan Penting dalam Inovasi

Kompas.com - 24/04/2022, 18:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi saat ini sangat bergantung pada sumber daya manusia. Untuk itu, inovasi dan keahlian dari sumber daya manusia menjadi penting.

Demikian diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir dalam kuliah umum “BUMN dan Akselerasi Kolaborasi Industri Pendidikan Tinggi melalui Hybrid University Model dan Transformasi Digital” hybrid dari Kampus Iwa Koesoemasoemantri Universitas Padjadjaran (Unpad), Sabtu (23/4/2022).

Menurut Erick, pertumbuhan ekonomi tidak bisa lagi bergantung kepada sumber daya alam, market, tetapi harus bergantung kembali mengubah kepada diri sendiri.

Baca juga: Guru Besar Unpad: Bahan Ini Bisa Jadi Material Anoda Baterai Litium

Maka dari itu, ia menilai bahwa knowledge based economy menjadi suatu hal yang penting untuk menghadapi tantangan ke depan.

Selain itu, pembangunan sumber daya manusia juga menjadi salah satu strategi besar BUMN dalam menghadapi tren disrupsi global.

Selain juga membangun inovasi model bisnis, ekosistem usaha dalam negeri yang sehat, dan ekosistem digital.

Karenanya, Erick Thohir meyakini bahwa tidak mungkin transformasi BUMN akan berhasil tanpa tranformasi sumber daya manusia.

"Transformasi BUMN kita dorong dengan perubahan business model dan macam-macam, tetapi sumber daya manusia menjadi kunci," ujarnya seperti dikutip dari laman Unpad.

Erick juga berharap kepada para mahasiswa sebagai generasi mada depan bangsa untuk tidak berhenti belajar. Sebab, belajar adalah kunci dari kesuksesan di masa depan.

Baca juga: Dosen IPB Inovasi Pasta Gigi Pakai Bahan Ini, Jadi yang Pertama

Apresiasi inovasi Unpad

Pada kesempatan tersebut, Erick juga mengapresiasi sejumlah inovasi yang dihasilkan Unpad. Menurutnya, melalui transformasi BUMN, tidak semua kegiatan riset dilakukan di BUMN, tetapi lewat peran universitas.

"Dengan transformasi BUMN kita mendorong riset itu dikembalikan ke universitas. Justru BUMN hanya fokus di komersialisasinya," terang Erick.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah terkait TKDN, yakni kolaborasi menjadi sangat penting.

"Industri di Indonesia harus tumbuh dengan peran dari kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan perguruan tinggi," tutur Erick Thohir.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa Unpad melakukan transformasi menjadi hybrid university.

Selain itu, Unpad juga melakukan digitalisasi di berbagai kegiatan, bukan hanya pada kegiatan perkuliahan tetapi juga pada kegiatan perkantoran dan kolaborasi.

Dijelaskan pula bahwa berbagai inovasi dari sivitas akademika Unpad menjadi upaya dalam menjawab tantangan kebutuhan bangsa Indonesia di sejumlah bidang.

Dengan dukungan Kementerian BUMN, Rektor meyakini akselerasi inovasi dapat terlaksana dengan baik.

Baca juga: Itera Inovasi Mobil Berbahan Bakar Minyak Sawit Murni

"Unpad siap untuk melahirkan berbagai gagasan-gagasan yang memang kami sangat komitmen ikut membantu mensolusikan permasalahan bangsa Indonesia," jelas Rektor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com