Kompas.com - 30/03/2022, 08:20 WIB
|

KOMPAS.com - Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) dulu dikenal dengan nama Beasiswa Bidikmisi. Bagi mahasiswa, beasiswa ini sangat penting.

Terutama bagi mahasiswa tidak mampu namun berprestasi. Sebab, KIP Kuliah merupakan program beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu dan berprestasi yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek.

Di 2022 ini, bantuan pendidikan dari Kemendikbud Ristek masih terus bergulir. Yakni KIP Kuliah Merdeka. Beasiswa ini bisa digunakan pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke PTN maupun PTS.

Baca juga: 20 Prodi Saintek Terketat SNMPTN 2022, Siapa Teratas?

Menurut Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek Abdul Kahar, bantuan beasiswa ini diberikan untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu.

Tentu yang ingin melanjutkan kuliah agar lebih merata dan berkualitas, sehingga sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dapat segera terwujud.

Nantinya, pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 ini dibuka bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di PTN atau PTS melalui:

  • Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN)
  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  • Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN)
  • Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN)
  • Seleksi Mandiri PTN
  • Seleksi Mandiri PTS

"Calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka yang akan mendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran UTBK SBMPTN," ujarnya dikutip dari laman Kemendikbud Ristek, Senin (28/3/2022).

Tak hanya itu saja, lanjut Kahar, penerima KIP Kuliah Merdeka juga dibebaskan dari biaya kuliah semester hingga lulus. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup setiap bulannya.

Baca juga: 23 Siswa SMA Pradita Dirgantara Lulus SNMPTN 2022 di Kampus Ternama

Adapun mekanisme pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tata cara pendaftaran dapat dilihat melalui situs resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Syarat daftar KIP Kuliah 2022

Sedangkan syarat-syarat yang digunakan untuk mendaftar KIP kuliah ini ialah beberapa dokumen yakni:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.