Kompas.com - 28/03/2022, 17:45 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagai upaya menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan tata kelola lembaga yang mandiri, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berkomitmen mengganti status dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Sebelumnya, segala rangkaian persiapan telah dilaksanakan, mulai dari rapat koordinasi, visitasi, evaluasi lapangan dan klarifikasi dokumen usulan hingga monitoring berkala telah dilaksanakan.

Baca juga: Sosok Sheinna, Lulusan Terbaik ITS dengan IPK 3,99

Hingga akhirnya, pada Rabu (23/3/2022), Unesa bersama enam kementerian menggelar Rapat Pleno Harmonisasi Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya di Hotel Raya Kuningan, Jakarta.

6 kementerian yang dimaksud yaitu Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

Lalu ada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Rektor Unesa, Prof. Nurhasan menjelaskan, sinergi peraturan dengan 6 kementerian menjadi momentum bagi Unesa untuk lebih produktif demi menuju PTN-BH.

"Sebagai PTN-BH, harapannya Unesa dapat memiliki keleluasaan dalam menciptakan berbagai inovasi terkait pengembangan pendidikan yang berbasis merdeka belajar," ucap dia melansir laman Unesa, Senin (28/3/2022).

Saat acara sinergi peraturan dengan 6 kementerian, disampaikan juga revisi Rancangan Undang-Undang (RUU) yang harus diperbaiki sebagai bentuk harmonisasi dengan Peraturan Pemerintah yang akan diterapkan ketika Unesa menyandang status sebagai PTN-BH.

Sambutan baik juga diterima Unesa dari Kemenko PMK yang menilai langkah yang disiapkan Unesa telah sesuai dan pembahasan rutin yang telah disiapkan dan dilaksanakan selama ini mampu mempercepat proses pergantian status.

Baca juga: Dosen UGM: Ini Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Tuberkulosis

Setelah rancangan ini selesai direvisi, maka tim Unesa akan menyusun 54 peraturan rektor sebagai bentuk implementasi turunan Rancangan Peraturan Pemerintah yang ditargetkan rampung pada Oktober mendatang.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.