Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Ristek Dorong Pemajuan Kebudayaan di Maluku Utara

Kompas.com - 25/03/2022, 14:16 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Ahmad Mahendra, melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara, 20-23 Maret 2022. Tujuannya, agar bisa mendorong pemaduan kebudayaan di daerah sana.

Serangkaian agenda dilaksanakan Mahendra selama di Maluku Utara terkait pemajuan kebudayaan lokal, antara lain bertemu pejabat daerah kabupaten, kota, provinsi dan pegawai di lingkungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Baca juga: Kemendikbud Ristek Dorong Sekolah Kembali Jalani PTM Terbatas

Lalu, sosialisasi perizinan film, dialog bersama pegiat budaya, serta menyaksikan penampilan seni Maluku Utara.

"Bekerja dari Maluku Utara diharapkan dapat membantu dan membangun terwujudnya penguatan ekosistem kebudayaan yang ada di sana," kata dia dalam keterangan resminya, Jumat (25/3/2022).

Menurut Mahendra, bekerja dari Maluku Utara merupakan salah satu realisasi arahan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek Hilmar Farid agar lebih rutin turun langsung ke lokasi di Indonesia.

Dengan begitu, dapat mengeksplorasi apa saja yang bisa dijadikan pemajuan kebudayaan.

"Dengan demikian makin erat kerja sama agenda pemajuan kebudayaan antara pemerintah pusat, dalam hal ini Kemendikbud Ristek, bersama penggerak kebudayaan di daerah,” ucap Mahendra.

Beberapa pejabat daerah yang ditemui Mahendra, yaitu Wali Kota Tidore Kapten Ali Ibrahim, Wakil Bupati Halmahera Baat Jufri Muhamad, Wali Kota Ternate Tauhid Soleman, dan Sekretaris Daerah Maluku Utara Samsudin.

Dalam pertemuan dengan Wali Kota Tidore dibahas rencana pelaksanaan Festival Sail Tidore pada November mendatang.

Selain itu, adanya keinginan pemerintah kota untuk membangun patung Presiden pertama Soekarno guna mengenang kunjungan sang proklamator itu ke Tidore.

Sedangkan diskusi dengan Wabup Halmahera Barat mengemuka harapan pemerintah kabupaten agar pemerintah pusat mendukung pengembangan kapasitas komunitas film di Jailolo.

Baca juga: Agar Tidak Rugi Besar Kena Investasi Bodong, Pakar UGM Kasih Tips Ini

Hal penting lainnya adalah perkembangan tari Cry Jailolo yang telah mendunia serta Festival Teluk Jailolo.

Saat menyambangi Wali Kota Ternate, Mahendra membicarakan tentang persiapan promosi jalur rempah serta pemanfaatan Benteng Orange sebagai cityhub.

Semua hasil yang didiskusikan bersama para kepala daerah tersebut, Mahendra mengatakan, kemudian disampaikan kepada Gubernur Maluku Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsudin.

"Semoga dari pertemuan dan dialog-dialog tadi mampu memberikan kontribusi terbaik untuk pemajuan kebudayaan Indonesia ke depannya dari berbagai daerah, salah satunya Maluku Utara," terang Mahendra.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com