Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Bermusik? Kognisi Youth Learning Festival Beri Tips Bikin Lagu

Kompas.com - 14/03/2022, 11:53 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Generasi muda memiliki bakat dan minat yang sangat beragam. Salah satu bidang yang banyak disukai anak muda adalah dunia musik.

Sebagai bentuk dukungan kepada anak muda yang memiliki minat pada industri musik agar bisa meraih mimpinya, Kognisi by Kompas Gramedia menyelenggarakan webinar rangkaian dari acara Kognisi Youth Learning Festival (KYLF).

Webinar dengan tema "Music Production 101: Siapa Saja Bisa Produksi Musik!" menghadirkan Ezra Mandira seorang music producer, musisi, dan gitaris HIVI! yang diadakan Sabtu, 12 Maret 2022 lalu.

Webinar ini membagikan pengalaman Ezra Mandira sebagai musisi dan produser musik. Mulai dari bagaimana mencari inspirasi dan ide sebagai proses kreatif dalam menciptakan mahakarya. Selain itu juga tips-tips membuat dan memproduksi musik atau lagu di rumah.

Baca juga: Self Love Penting bagi Kesehatan Mental, Ini Kata Dosen IAIN Kediri

Selain itu, ada pula sesi pembedahan proses pembuatan lagu yang sudah ada secara live yang dipraktikkan langsung oleh Gitaris HIVI!. Berkat karyanya, Ezra berhasil memenangkan penghargaan Album of the Year 2018 di ajang "Indonesian Choice Award (ICA)".

Berbekal prestasi tersebut, Ezra memberikan beberapa tips yang bisa membantu siapapun untuk memproduksi karya lagu sendiri dari rumah.

1. Cari inspirasi dari manapun

Penting bagi seseorang yang ingin membuat lagu untuk mencari inspirasi dan penggalian ide.
Inspirasi penciptaan sebuah lagu bisa didapatkan dari manapun dan suasana apapun yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi Ezra Mandira, tidak ada batasan untuk mendapatkan inspirasi penciptaan lagu, bahkan dari pengalaman pahit dan manis sekalipun.

"Inspirasi bisa dateng dari mana saja. Pengalaman cinta monyet, ditolak, balik ke mantan, tentang temen se-gank, rasa terima kasih sama orangtua, cinta ke anak, pokoknya apa aja bisa dijadin inspirasi," terang Ezra dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Astra Honda Motor Buka Lowongan Kerja bagi S1 Banyak Jurusan

Menurutnya, dari cerita yang dibuat, kemudian bisa dikulik lebih dalam lagi secara musikal. Supaya cerita yang ada bisa di support dengan musik yang dibuat agar mood lagunya juga makin terbentuk.

2. Bercerita melalui musik dan lirik lagu

Layaknya bercerita, lagu dapat ditulis berdasarkan inspirasi yang telah didapatkan. Ada beberapa macam gaya penulisan lagu yaitu mulai dari nada melodinya dulu, atau mulai dari cerita dan liriknya.

Ezra menekankan, kuncinya adalah bagaimana sang penulis dapat menuangkan inspirasi yang didapatkan lewat musik dan lirik yang diciptakan ke dalam penyampaian narasi yang baik dan bisa menggugah perasaan para pendengar. Ezra menambahkan, proses menuliskan lagu tidak selamanya mulus dalam sekali coba.

"Bikin lagu itu emang mesti sabar, karena prosesnya prototyping, jadi banyak trial and error nya. Mulai dari cari referensi sampe demo nya jadi. Bisa jadi cepet, bisa jadi lama, bisa jadi versi yang pertama yang enak. Bisa juga yang ok setelah beberapa kali percobaan. Jadi itu proses yang wajar, jangan dijadiin tekanan, enjoy aja, yang penting hasil akhirnya kurang lebih sesuai dengan apa yang di kepala," imbuhnya.

Baca juga: Siswa, Ini Manfaat Makan Sayur dan Buah, bisa Tingkatkan Performa Otak

Setelah menulis lagu, tentukan struktur lagu berdasarkan nada dan lirik yang sudah dibuat. Seperti intro, refrain, bridge, dan outro, lalu aransemen lagu dengan instrumen dan suara-suara menarik yang bisa mendukung suasana dari lagu yang dibuat.

3. Rekam dan publikasikan ke platform online streaming dan media sosial

Di era modern ini, banyak cara untuk mempublikasikan karya secara gratis dan luas. Selain media sosial, terdapat berbagai platform online streaming yang bisa kita optimalkan untuk publikasi lagu baru.

Kuncinya adalah keberanian untuk memperkenalkan karya kita kepada publik dan terus melakukan evaluasi dari berbagai masukan.

Karena zaman sekarang teknologi makin canggih. Sehingga anak muda harus memanfaatkan hal tersebut. Setelah rekaman bisa langsung atur jadwal untuk post ke YouTube atau memberi teaser ke Instagram Story.

 

Baca juga: Perusahaan Pelayaran Ini Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1

Saat ini publikasikan karya memang bisa secepat itu. Bisa langsung dinikmati pendengar dan bisa langsung tahu feedback dari mereka.

"Tapi sebelum itu pastiin lagu yang diproduksi sudah sesuai sama apa yang di kepala dan hasilnya sudah cukup baik untuk didengarkan ke masyarakat luas," tutup Ezra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com