Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Fawwaz, Sukses Diterima di 2 Perguruan Tinggi Terbaik Australia

Kompas.com - 05/03/2022, 11:12 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Banyak lulusan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong (MAN IC Serpong) yang melanjutkan pendidikannya pada perguruan tinggi di luar negeri.

Wajar jika Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud Ristek pernah mengeluarkan hasil riset yang menempatkan prestasi akademik siswa-siswi MAN IC berada di ranking pertama nasional mengalahkan pendidikan jenjang sejenis.

Baca juga: Beasiswa Kedokteran di 6 PTN dan PTS, Simak Persyaratannya

LTMPT tentu tidak berlebihan dan hal tersebut sudah terbukti.

Di tahun ini, ada lulusan MAN IC Serpong yang berhasil lulus seleksi dan diterima di 2 perguruan tinggi terbaik Australia.

Dia adalah Muhammad Fawwaz Farhan Farabi yang diterima di The University Adelaide dan Monash University.

Siswa yang sering dipanggil Fawwaz ini sejak dari dulu sudah bermimpi ingin belajar di Australia.

Pada 28 Februari 2022, Fawwas menerima surat Offer of Admission dari The University Adelaide.

Selang beberapa hari kemudian, tepatnya 2 Maret 2022, Fawwaz menerima surat elektorik dari Monash University. Isinya persetujuan penerimaan mahasiswa internasional.

Fawwaz merupakan anak dari Suwendi dan Mesraini ini merasa beruntung sebab berada di lingkungan pendidikan yang mendukung, yakni MAN IC Serpong.

"Dari sejak awal kelas 12 saya dan kawan-kawan saya, di MAN IC Serpong yang tertarik untuk study abroad membuat grup dan mulai research serta berbagi informasi tentang calon- calon kampus yang dituju, salah satunya Australia," ujar Fawwaz melansir laman Kemenag, Sabtu (5/3/2022).

Tidak hanya itu, Fawwaz dan teman-temannya juga mencari informasi di website universitas yang dituju.

Baca juga: Ikut SBMPTN 2022? Ini 10 Prodi Saintek dan Sohum Unair Paling Diminati

Lalu melalui berbagai platform media sosial yang memberikan info tentang study abroad, seperti schoters, kobieducation, hotcourses.id, ican education, dan lainnya.

Dia mengaku, dengan adanya perbantuan konsultan dari ican education, akhirnya dia mencoba untuk mendaftarkan diri di 4 universitas di Australia, yaitu di Monash University, University of Adelaide, University of New South Wales, dan Royal Melbourne Institute of Technology.

Hanya butuh nilai IELTS, raport, dan essay untuk mendaftar di 4 perguruan tinggi tersebut.

"Selang waktu 1-2 minggu setelah mendaftar, saya menerima email balasan berupa offering letter dari University of Adelaide (Degree Transfer Program Accelerated: Business) dan juga Monash University (Bachelor of Arts) sebagai tanda diterima sebagai mahasiswa di sana," ucap pria kelahiran 2004 ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com