Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademisi IPB: Kelekatan Orangtua dan Anak Jadi Hal Penting

Kompas.com - 01/03/2022, 14:22 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Biasanya, bayi akan lebih dekat dengan ibunya. Ini karena ada kedekatan berupa ikatan emosional antara ibu sebagai pengasuh utama dengan anaknya.

Maka, sosok ibu menjadi figur kelekatan pertama dan utama bagi seorang bayi. Kelekatan yang ditandai dengan ikatan emosi yang erat ini terbentuk secara perlahan dalam interaksi yang intens dan bermakna antara ibu dan anak.

Tak hanya itu saja, kelekatan yang baik antara ibu dan bayi akan menimbulkan rasa aman dan nyaman pada bayi.

Baca juga: Ini Lho Persiapan Kesehatan Sebelum Menikah dari Akademisi UGM

Kondisi tersebut akan berdampak pada saat anak sudah besar yakni anak menjadi percaya diri ketika menghadapi tekanan dari lingkungannya.

Hal ini penting bagi resiliensi anak ketika mengarungi kehidupannya kelak dan menjadi modal utama untuk pembentukan sumber daya manusia berkualitas di masa depan.

Terkait hal itu, IPB Peduli Stunting melakukan edukasi keluarga dengan materi pentingnya kelekatan ibu dan anak untuk mendukung kualitas sumber daya manusia di masa depan.

Kegiatan edukasi keluarga di lakukan di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Edukasi ini diikuti oleh 25 keluarga yang memiliki anak di bawah usia lima tahun dan ibu hamil.

Adapun narasumbernya ialah Dr. Melly Latifah, dosen IPB University dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), Fakultas Ekologi Manusia.

Menurutnya, kelekatan yang aman akan membuat anak memiliki konsep diri yang positif, merasa diri berharga, percaya diri dan mandiri.

Baca juga: Akademisi Unesa: Ini Tips Memahami Fungsi Hipotalamus pada Anak

"Anak menjadi lebih positif terhadap sebayanya sehingga anak mau bermain, bergaul, dan mengeksplorasi lingkungan dengan percaya diri dan keyakinan terhadap kemampuan dirinya," ujarnya dikutip dari laman IPB, Selasa (1/3/2022).

"Oleh karena itu, penting sekali bagi setiap orang tua, terutama ibu, untuk memahami pentingnya kelekatan ini," imbuh Dr. Melly.

Tips bangun kelekatan orangtua dan anak

Ia memberikan tips yang harus dilakukan untuk membangun kelekatan antara orangtua dan anak, yakni:

1. Ia menyarankan untuk memberi perhatian pada bayi melalui tatapan mata, pelukan, ciuman, dan usapan sayang.

2. Jangan membentak anak, apalagi memukul. Perlakukan anak dengan penuh kasih sayang, penghormatan, dan penerimaan.

3. Ia menyarankan untuk memenuhi kebutuhan fisik bayi, seperti memberikan air susu ibu (ASI), makanan, pakaian sesuai kebutuhan, dan juga kesehatannya. Penuhi kebutuhan anak akan stimulasi.

4. Ia pun menyarankan untuk melakukan stimulasi psikomotorik, kognitif, sosial, dan emosional melalui interaksi yang hangat, bermain, bercanda, dan kebersamaan dengan bayi yang bermakna.

Sementara, Dr. Tin Herawati, Koordinator IPB Peduli Stunting, menyatakan, kegiatan edukasi keluarga yang mengangkat materi kelekatan orangtua dan anak adalah edukasi keluarga pertemuan ke lima.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Yuk Mengenal Lebih Dekat Vaksin Booster

Diharapkan para peserta dapat mengasuh anaknya dengan baik melalui kelekatan orangtua dan anak sehingga tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal.

Tentu dengan demikian, dapat menjadi modal penting untuk mewujudkan sumber daya manusia berkualitas di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com