Kompas.com - 31/01/2022, 15:39 WIB

KOMPAS.com – Manajemen waktu merupakan kemampuan wajib yang harus dimiliki setiap orang agar dapat memaksimalkan 24 jam waktu dalam sehari untuk produktif beraktivitas.

Melansir laman resmi Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (20/12/2021), manajemen waktu juga penting dimiliki oleh siswa.

Memiliki manajemen waktu yang baik akan memungkinkan siswa untuk membuat jadwal kegiatan, menentukan prioritas kegiatan, memaksimalkan waktu luang, mendapatkan waktu istirahat, dan mengasah keterampilan.

Selain itu, siswa juga butuh kemampuan manajemen waktu agar mampu mengerjakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan cepat dan tepat.

UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca juga: Kapan UTBK-SBMPTN 2022 Dilaksanakan? Simak Informasi Berikut...

Dikutip Kompas.com dari laman resmi LTMPT, Jumat (26/3/2021), nantinya hasil UTBK akan dijadikan penentu bagi siswa kelas 12 sekolah menegah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Adapun tujuan dari UTBK adalah memprediksi apakah calon mahasiswa akan mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

UTBK memungkinkan calon mahasiswa mengikuti tes secara fleksibel dengan memilih sendiri lokasi dan waktu tes yang diinginkan.

Karena hasil UTBK begitu penting bagi siswa kelas 12 SMA atau SMK, persiapannya tidak boleh sembarangan.

Baca juga: Siswa Kelas 12, Ini Tips Sukses Hadapi UTBK SBMPTN 2022

Dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (31/1/2022), Ruangguru memberikan lima tips manajemen waktu bagi siswa agar sukses dalam UTBK:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.