Kompas.com - 19/01/2022, 17:33 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebanyak 6 program studi (Prodi) Universitas Islam Indonesia (UII) meraih akreditasi internasional dari ASIIN.

ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk disiplin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi.

Baca juga: Sesajen Ditendang di Gunung Semeru, Ini Pandangan Pakar Unair

Keenam prodi itu, yakni S1 Statistika, S1 Kimia, S1 Pendidikan Kimia, S1 Farmasi, S2 Kimia, dan D3 Analisis Kimia.

"Akreditasi dan sertifikasi internasional akan mempermudah sebuah lembaga perguruan tinggi, termasuk UII, baik dengan mitra internasional di berbagai bidang. UII memiliki komitmen untuk melakukan akreditasi internasional prodi," ucap Rektor UII, Prof. Fathul Wahid melansir laman UII, Rabu (19/1/2022).

Prof. Fathul juga berkomitmen untuk terus mendorong semua prodi di UII memperoleh sertifikasi dan akreditasi internasional.

Salah satu muaranya tentu agar kualitas pendidikan di UII setara dengan perguruan tinggi di negara maju.

Raihan status sertifikasi dan akreditasi internasional juga diharapkan meningkatkan minat mahasiswa untuk berkuliah di UII.

Dekan FMIPA UII, Prof. Riyanto mengatakan, sertifikasi dan akreditasi internasional dari ASIIN menunjukkan prodi-prodi di bawah fakultasnya telah melakukan penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan standar internasional.

"Raihan sertifikasi dan akreditasi internasional ini merupakan wujud komitmen FMIPA UII dalam proses penjaminan mutu yang berorientasi pada outcome based education (OBE) yang setara dengan kerangka kualifikasi Eropa untuk pembelajaran sepanjang hayat," jelas dia.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022, 5 dari PTS

Untuk prodi diploma (D3 Analisis Kimia) telah diakui kesetaraannya dengan level 5 EQF-LLL.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.