Kompas.com - 06/01/2022, 13:51 WIB
|

KOMPAS.com - Semangat bela negara itu bukan dimaknai sebagai perang melawan penjajah. Namun maknanya adalah belajar dan berlatih dengan semangat serta menjaga persatuan.

Demikian diungkapkan Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Kamuspusdirla) Kolonel Sus Yuto Nugroho saat menerima kunjungan ratusan Taruna Akademi TNI di Muspusdirla Yogyakarta, Kamis (6/1/2022).

Kolonel Yuto juga menegaskan di hadapan ratusan Taruna TNI agar para Taruna Akademi TNI ini bisa menjadi cerminan pahlawan masa kini.

Baca juga: Info Terbaru Rekrutmen Tamtama TNI AU 2022 bagi Lulusan Minimal SMP

"Bela negara bukan dimaknai sebagai perang melawan penjajah atau mengisi senjata dengan amunisi, tetapi bela negara dalam kerangka taruna diwujudkan dalam semangat menjaga persatuan," terang Kolonel Yuto.

Tentunya untuk mengisi kemerdekaan, para Taruna harus meneruskan semangat perjuangan para pendahulu dan menjadikan motivasi serta inspirasi.

Selain itu, semangat rela berkorban, gotong royong, kebersamaan hendaknya terus dipupuk. "Sebab, para Taruna Akademi TNI ini sebagai pahlawan-pahlawan masa kini," tegasnya.

Koleksi museum mengandung nilai-nilai luhur

Kamuspusdirla juga mengungkapkan bahwa kunjungan sebanyak 779 Taruna Akademi TNI ini adalah langkah yang tepat. Sebab, museum dengan ribuan koleksi ini adalah peninggalan bersejarah yang bernilai.

Adapun ribuan koleksi yang dipamerkan di Muspusdirla mempunyai cerita sendiri. Yang mana dalam cerita tersebut terkandung semangat bela negara, pantang penyerah dan rela berkorban dari para pendahulu Angkatan Udara dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga dirgantara Indonesia.

Baca juga: Yuk Keliling 5 Museum di Indonesia Secara Virtual, Ini Link-nya

"Di tiap koleksi mempunyai cerita sendiri-sendiri. Tentu di dalam cerita itu juga ada nilai-nilai luhurnya yang dapat menginspirasi semua orang termasuk para Taruna," imbuh Kolonel Yuto.

Diharapkan, para Taruna setelah mengunjungi museum nantinya semangat bela negara menjadi semakin tumbuh.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.