Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

Menjadi Pejuang Online di Tengah Pandemi, Sinergi Hadirkan Pembelajaran Bermakna

Kompas.com - 28/12/2021, 10:20 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Sindi | Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tebo

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa kita bertransformasi. Dulu kita memikirkan soal jarak jauh jika akan memulai kegiatan, namun kini jangkauan tak lagi menjadi persoalan.

Manusia yang dituntut serba cepat di era teknologi, dengan adanya pandemi membuat orang dipaksa untuk lebih cepat lagi.

Penyebaran virus Corona (Covid-19) yang saat ini berdampingan dengan kehidupan manusia memaksa semua pihak memikirkan cara yang tepat menghadapinya.

Salah satunya adalah pendidikan. Ya, kegiatan belajar mengajar harus tetap diperhatikan.

Kita yang terbiasa hidup berdampingan, bertemu tatap muka, berinteraksi satu sama lain dengan berjumpa, kini berhenti terlebih dahulu.

Sebagai manusia yang diberikan akal oleh Tuhan, kita harus terus berpikir bagaimana agar pendidikan tetap ada dan berjalan dengan baik.

Mengembangkan Tim "Tebo Pintar"

Berdasarkan data, UNESCO mencatat setidaknya 1,5 miliar anak usia sekolah terdampak Covid-19 di 188 negara termasuk 60 jutaan diantaranya ada di negara kita.

Persebaran virus Corona di berbagai negara, membuat kita melihat secara nyata bahwa dunia sedang berubah. Coba kita lihat bagaimana perubahan itu nyata di bidang teknologi, ekonomi, politik hingga pendidikan.

Disrupsi media di masa pandemi juga terjadi di Kabupaten Tebo. Guru bertransformasi menggunakan zoom ketika mengajar, mereka bersemangat dalam mempelajarinya.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka, Ini Ketentuan Lengkap PTM Terbatas Januari 2022

Salah satu dukungan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo menggandeng Program Pintar Tanoto Foundation membentuk tim Program Tebo Pintar (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran).

Kehadiran Tebo Pintar dibentuk atas dalam mendorong berbagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Tebo.

Upaya yang dilakukan berupa pembentukan tim pengelola konten website dan media sosial Tebo PINTAR yang ditetapkan dengan SK Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo Nomor 074/DIKBUD/2021 tanggal 27 Mei 2021 tentang Pengelola Konten Pendidikan Website Tebo Pintar dan Media Sosial Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com