Kompas.com - 28/12/2021, 08:33 WIB
|

KOMPAS.com - Inovasi terus dilakukan para mahasiswa. Seperti halnya yang dilakukan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ketika mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Saat ikut KKN, empat mahasiswa UNS melihat kondisi sosial di daerah tempat KKN. Di mana limbah cair tahu langsung dibuang ke sungai. Padahal, limbah cair tersebut kandungannya cukup berbahaya.

Adapun tim terdiri dari empat orang, yakni Rakel Junetty (Prodi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fatata A’izza Rosyada (Prodi Matematika FMIPA).

Baca juga: Webinar UNS: Ini Tips Menulis CV yang Benar dan Menarik

Serta Millenia Trias Puspa Rukmi (Prodi Kimia FMIPA) dan Dji Hanafit (Prodi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Mereka membuat inovasi yang diberi nama Green-Ma (Utilization of biofilter and manganese greensand for tofu wastewater filtration system). Sebuah alat yang dapat memfilter limbah cair tahu sebelum dibuang ke sungai.

Limbah cair tahu dibuang ke sungai

Menurut Rakel Junetty, limbah cair tersebut memiliki kandungan yang cukup berbahaya apabila dibuang tanpa melalui filtrasi terlebih dahulu.

"Kami prihatin melihat kondisi sosial di daerah tempat KKN. Karena limbah cair tahu langsung dibuang ke sungai," ujarnya dikutip dari laman UNS, Senin (27/12/2021).

Inovasi itu kemudian diikutkan pada ajang Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) 2021 yang digelar oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA).

Kompetisi ini diikuti oleh 14 negara dengan juri dari dalam dan luar negeri. Selain medali emas, tim juga memperoleh Special Award dari Yayasan Prestasi Pendidik Indonesia (YPPI).

Adapun penyerahan medali dilangsungkan di Surabaya pada Selasa (14/12/2021) yang lalu.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.