Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ragam", Cara Sekolah Bisnis dan Ekonomi Prasmul Mengolah Rasa

Kompas.com - 14/12/2021, 21:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tujuan pendidikan bukan hanya menghasilkan generasi cerdas, berpengetahuan, dan terampil, melainkan juga berkarakter baik dan berbudi luhur. Pengembangan karakter dinilai menjadi unsur penting dalam pendidikan.

Menyadari hal ini, Universitas Prasetiya Mulya menggelar kegiatan seni dan budaya bertajuk “Ragam”. Pada tahun ini “Ragam” mengangkat kesenian kesusastraan dengan judul acara "Prasmul Punya Kata" yang membawa pesan nilai nondiskriminasi.

“Ragam merupakan event pertama di Universitas Prasetiya Mulya yang mengajak seluruh civitas Universitas Prasetiya Mulya tidak hanya mahasiswa, faculty member, dan staf, tetapi juga alumni," ungkap Antonius Puspo Kuntjoro, Ketua Pelaksana "Ragam 2021" pada Senin (13/12/2021).

"Sehingga diharapkan gaungnya bisa memberikan dampak yang baik,” tambah Antonius yang juga merupakan Kepala UPT Pengembangan Karakter Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya.

Dalam pelaksanaannya, Ragam telah melaksanakan kegiatan lokakarya kesusastraan diantaranya Lokakarya Menulis Pidato, Lokakarya Menulis Cerpen, dan Lokakarya Menulis Puisi.

Lokakarya Menulis Pidato dilakukan sebagai pembuka rangkaian pada kegiatan Ragam. Lokakarya ini bekerja sama dengan Teater dan diadakan selama 2 hari yakni pada hari Sabtu dan Minggu, 6-7 November 2021.

Hari pertama diisi Yudi Latif, Pakar Aliansi Kebangsaan, dan pada hari kedua diisi Teater Pandora untuk belajar penguasaan diri pada saat pembacaan pidato.

Selanjutnya rangkaian kegiatan kedua adalah Lokakarya Menulis Cerpen pada Kamis, 11 November 2021 yang diisi Ibnu Wahyudi, Dosen Reading & Writing Universitas Prasetiya Mulya dan Dosen Sastra di Universitas Indonesia serta seorang sastrawan di Indonesia.

Baca juga: Pameran Virtual Face to Face FSRD IKJ, Memaknai Tatap Muka lewat Seni

 

Rangkaian lokakarya terakhir adalah Lokakarya Menulis Puisi yang bekerjasama dengan Wahana Kreator Nusantara dan dalam pelaksanaannya diadakan selama 3 hari pada hari Jumat-Minggu, 12-14 November 2021.

Puncak acara Ragam diadakan pada 14 Desember 2021 dengan mengangkat tema “Relevansi dan Pentingnya Sastra Bagi Kaum Muda di Era Digital” dan mengundang Leila Chudori serta Faisal Oddang selaku penulis senior dan penulis muda.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com